Dalam Rangka Wisata dan Pekan Budaya, Ketua IAD Luwu Kunjungi Rumah Adat Kota Palopo

43

SULSELBERITA.COM. Palopo -- Ketua Ikatan Adhyaksa Darmakarini atau yang biasa disingkat IAD untuk Daerah Kabupaten Luwu, St. Rahmi Zulmar, bersama pengurus IAD Daerah Luwu melaksanakan kunjungan ke Rumah Adat di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu, (16/12/23).

Kunjungan tersebut sebagai wujud pelaksanaan arahan dari Ketua IAD Pusat dan Ketua IAD Wilayah Sulsel sebagai salah satu dari agenda tahunan Organisasi IAD dan juga merupakan wujud dukungan mereka terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah. Rumah Adat di Kota Palopo menjadi tujuan yang strategis untuk mendapatkan informasi budaya setempat.

Advertisement

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para pengurus IAD Daerah Luwu, Ketua IAD Daerah Luwu, St. Rahmi Zulmar menyampaikan pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia.

"Kegiatan ini tidak hanya sekadar kunjungan, tetapi juga bagian dari upaya kami untuk memahami, memajukan dan ikut serta dalam pelestarian kebudayaan daerah," ujar St. Rahmi Zulmar.

Melalui kunjungan ini, IAD Daerah Luwu berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam menghidupkan kesadaran gerakan kebudayaan di tengah masyarakat. Upaya ini diharapkan dapat memperkuat rasa kebanggaan terhadap identitas budaya setiap daerah di Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi antara IAD Daerah Luwu dengan pihak-pihak terkait dalam rangka mendukung berbagai kegiatan kebudayaan yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

Dalam suasana yang penuh kehangatan, para pengurus IAD Daerah Luwu berdialog dengan para pemangku adat setempat untuk bertukar informasi seputar kebudayaan dan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Harapannya, hal ini dapat menjadi modal bagi IAD Daerah Luwu untuk turut berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya bangsa.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Zulmar Adhy Surya, SH.,MH, selaku Pengawas IAD Daerah Luwu menyatakan sangat mendukung dan mensupport kegiatan tersebut, sebagai dukungan dalam pelestarian budaya daerah sebagai aset Bangsa.

"Kunjungan ini sekaligus menjadi momen membangun sinergi antara Organisasi IAD Daerah Luwu dengan berbagai pihak, guna mendukung agenda-agenda positif dalam upaya pelestarian budaya Indonesia," pungkasnya.

(*)