Menteri ESDM RI Salurkan Bantuan 953 Buah Mesin Kapal Untuk Nelayan Takalar

229

SULSELBERITA.COM. Takalar - Penyaluran bantuan paket konversi BBM ke LPG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil di Takalar, dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Ignasios Jonan berlangsung hari ini di Gedung Islamic Centre, Jl. Jend. Sudirman, Kecamatan Pattalassang, Jumat (21/9/2018).

Pemberian paket ini, disaksikan oleh Wakil ketua komisi VI DPR RI Tamsil Linrung, bersama Anggota Komisi VI DPR RI Andi Yullanis Paris, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Korservasi Energi Rida Mulyana, Bupati Takalar Bapak Syamsari Kitta, Direktur Pembinaan Program Migas Bapak Mustafid Gunawan dan Penjabat GM. Mor VII PT. Pertamina (Persero) Iwan Yudha serta Direktur PT Pratiwi Putri Sulung selaku penyedia paket perdana konverter Kit.

Paket konversi BBM ke LPG ini diberikan secara simbolis kepada nelayan kecil dipesisir Takalar bekerjasama dengan PT Pertamina selaku penyedia bahan bakar Migas satu-satunya di Indonesia.

Baca Juga  Perbup Nomor 41 Tahun 2019 Bupati Bulukumba Menuai Berbagai Kritikan

Dalam sambutannya, Bupati Takalar Syamsari berterima kasih kepada Menteri ESDM dan juga kepada wakil ketua komisi VI DPR RI Tamsil Linrung dengan dikucurkannya berbagai bantuan diantaranya bantuan penerangan jalan raya, dan juga termasuk bantuan paket konverter BBM ke LPG sebanyak 953 paket yang merupakan salah satu jumlah bantuan terbanyak di Indonesia.

"Hari ini kita mendapatkan 953 paket konverter dari minyak ke gas. Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Takalar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan kementrian dan juga anggota DPR RI," Tandas Syamsari.

Sementara itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan berharap dengan diberikannya bantuan ini kesejahteraan masyarakat nelayan lebih meningkat dan berpesan agar masyarakat memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan pemerintah.

Baca Juga  Muspida Boyolali Sidak Swalayan dan Pasar Ampel

"Kalau menggunakan bahan bakar gas itu bisa menghemat separuh dari penggunaan bahan bakar bensin. Mudah-mudahan dengan konverter kit ini kesejahteraan bapak dan ibu lebih baik, karena bisa menghemat separuh dari pengeluaran dibandingkan dengan menggunakan BBM. Kami mohon konverter ini bisa digunakan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan tidak sulit mendapatkan LPG ini, karena ada dari Pertamina selaku distributor pertama di Indoensia," Jelasnya.

Bantuan paket konverter ini disambut baik masyarakat nelayan Takalar, salah satu warga penerima Daeng Nai mengungkapkan perbedaan yang Ia rasakan menggunakan mesin konverter yang cenderung lebih hemat dan mampu menekan biaya operasional ketika melaut.

"Alhamdulillah, selama menggunakan gas LPG lebih hemat dibandingkan dengan bensin, mesin juga tidak tersendat-sendat," Ujarnya.

Advertisement
BAGIKAN