KadisPora Sulsel: Mencari dan Menemukan Potensi Pemuda dengan “Konsolidasi Emosional”

0
138

SULSELBERITA.COM. - Salah satu potensi terbaik sumber daya manusia adalah pemuda. Mereka harus diberi ruang untuk mengeluarkan dan mengekspresikan potensi dirinya. Dengan "konsolidasi emosional" istilah yang dikemukakan Kepala Dinas Kepemudaan dan olahraga ( dispora) Sulsel, Sri Endang Sukarsih, kita akan mencari dan menemukan potensi diri positif pemuda.

Demikian yang terungkap dalam Pertemuan Kerukunan Keluarga Maluku Utara ( KKMU) Sulawesi Selatan, yang di rangkaikan dengan buka puasa bersama di Gedung Stadion Barombong Makassar, Jumat (1/6).

Sri Endang menjelaskan bahwa pemuda, terkhusus mahasiswa adalah potensi bangsa yang luar biasa, olehnya itu mereka harus didukung, mulai dengan mengetahui dan melihat apa kebutuhan mereka.

"Mahasiswa punya organisasi daerah (organda), ini adalah wadah yang paling efektif melakukan pembinaan kepada mereka" terang Sri Endang Sukarsih yang juga sebagai Ketua Harian Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Maluku Utara ( KKMU) Sulawesi Selatan.

Baca Juga  Terkait Pergantian Kapolres Sidrap, Ini Pesan Kapolda Sulsel

Menurut Sri Endang, harus ada penguatan kelembagaan organda mahasiswa. Dengan lembaga yang kuat mereka akan lebih mandiri dan solid. Ditambah pertemuan yang intens akan melahirkan ide dan gagasan positif pemuda.

Berkumpul bisa menjadi kekuatan besar yang mendorong untuk meminimalkan masalah. Menurut Sri Endang, pertemuan dan perkumpulan pemuda melalui kelembagaan yang kuat nantinya diharapkan mampu menemukan permasalahan yang dihadapi pemuda.

" jika masalah sudah ditemukan maka akan lahir intervensi program, demikian istilah yang saya gunakan untuk memancing pemuda bergerak membuat kegiatan positif" tegas Sri Endang.

Sementara itu surjan, ketua organda halmahera barat, menyambut baik ide kadispora Sulsel. Sebagai pemuda, menurut Surjan, mahasiswa masih sangat butuh pembinaan.

" saat ini kami masih harus banyak melakukan konsolidasi dengan teman-teman untuk memperkuat kelembagaan" jelas Surjan.

Baca Juga  Gandeng Stakeholder Terkait, Kapolres Gowa Optimis Pemilu Aman Damai, dan Sejuk bisa Terwujud

KKMU Sulsel mulai aktif kembali sejak tahun 2014 lalu. Meski telah terbentuk sekitar tahun 60an, namun secara formal baru dilantik tahun 2007 lalu. KKMU Sulsel kembali melakukan refresh di tahun 2018 ini dengan gencar melakukan pertemuan dan konsolidasi.

Saat ini 10 organda Maluku Utara sudah terbentuk dan aktif di Sulsel, yakni HIPMI Halmahera Barat, Ipma Halmahera Tengah, Hipma Halmahera Selatan, Hipma Morotai, Hpms Sula, Hmt Taliabu, Hipma halmahera Utara, Hipma Nuku/tidore, Hpm Halmahera Timur, dan IPM kota Ternate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here