Catatan Dari Festival Danau Kompleks Danau Malili 2018

332

SULSELBERITA.COM. Maarasehan Perlindungan Ekosistem Danau Kompleks Danau Malili: Merawat Komitmen, Membangun Kerjasama, dan Mengintegrasikan Program

Pemuda harus mengambil peran strategis dan penting dalam upaya mendukung dan mewujudkan pelestarian air dan ekosistem di kompleks danau malili dan sekitarnya. Pemuda harus menjadi pelopor agent of change, agent og environment dan agent of mederenization dalam upaya kontribusi nyata peran aktif pemuda untuk perubahan yang lebih baik dalam melindungi ekosistem danau kompleks danau malili. Karena pemuda juga yang paling banyak menggunakan air dalam melakukan kegiatan disekitarnya.

Advertisement

Demikian terungkap dalam sarasehan festival danau kompleks danau malili, yg digelar oleh FORUM PEMERHATI KOMPLEKS DANAU MALILI (FPKDM), di aula kantor camat Nuha, Luwu Timur, senin (30/4)

Sarasehan ini adalah salah satu rangkaian Festival Kompleks Danau Malili tahun 2018 yg di gelar FKPDM bekerjasama dengan Perkumpulan Wallacea, Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM), Burung Indonesia, Critical Ecosystem Partnership Fund (CEPF) Wallacea, dan Pemkab Lutim.

Kepala dinas kepemudaan dan olahraga (dispora) Sulsel, Sri Endang Sukarsih, sebagai salah satu pemateri menegaskan jika peran pemuda sebagai agen perubahan punya nilai sangat strategis dalam upaya mendorong perlindungan dan pengawasan terjaganya ekosistem danau kompleks danau malili.

Menurut Sri Endang, pemuda "jaman now" yang paling terdekat dalam akses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka aktif di media sosial berinteraksi dengan banyak orang diberbagai kalangan. Dalam interaksi itu akan banyak melahirkan ide dan gagasan, yang sebaiknya mereka wujudkan dalam kerja nyata dalam bentuk program di masyarakat.

Mereka wajib melaporkan jika ada kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan dan ekosistem danau kompleks danau malili. Mereka harus aktif membuat sanitasi dengan tidak membuang sembarang sampah ke danau.

Namun semua upaya itu tidak akan berjalan efektif jika tidak berkolaborasi dengan smua pihak. Olehnya itu hrus dibuat agenda bersama dalam mempelajari dn mengidentifikasi permasalahan dan hambatan air danau. Mempelajari kandungan air dan membuat skema upaya pelestarian air.

Salah satu upaya mendukung pelestarian dan pemanfaatan air di kawasan kompleks danau malili dan sekitarnya dengan menyadari siapa pengguna air terbanyak disekitarnya.

Kewajiban mereka lanjut sri endang, melakukan services paymeent enviromental atau pembayaran jasa lingkungan

Mereka wajib membayar jasa pemakaian air yg selama ini digunakan. Baik perorangan maupun kelompok atau perusahaan.

Payment bisa dalam bentuk uang, program csr atau upaya lain dalam meningkatkan potensi dan pemberdayaan masyarakat sekitar kompleks danau malili.

Sri endang menutup materinya dengan menegaskan jika tidak ada alasan untuk menunggu berbuat. Mulai dengan hal kecil untuk membuktikan wujud peran pemuda.

Dalam sarasehan ini juga menghadirkan narasumber dari Perhimpunan Burung Indonesia, Damayanti, Ketua Pokja Kemendes, Idham Arsyad, Sekjen Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM) Andri Santosa,
Forum Pemerhati Kompleks Danau Malili (FPKDM) Luwu Timut, Ir. Zainuddin, MT, Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA) Zainal Abidin dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Syamsu Alam.

Dihadiri oleh peserta dari SKPD terkait lingkup Pemprov Sulsel dan Pemkab Lutim, Forum Danau (Desa/Kabupaten), Pemerintah Desa (Kades dan BPD), P3MD, Karang Taruna (Desa/Kabupaten), BKSDA, CSO, PT Vale, dan Akademisi.