Pj. Bupati Hari ini Resmikan Pengoperasian Pelabuhan Laut Tanakeke

144

SULSELBERITA.COM. Takalar -  Pulau Tanakeke adalah salah satu kecamatan yang ada di Kab. Takalar, untuk memperkuat perekonomian di takalar Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev,Plg meresmikan secara langsung Pengoperasian Pelabuhan Laut Tanakeke di Kantor Wilayah Kerja Pelabuhan Tanakeke, Desa Mattiro Baji Kepulauan Tanakeke, Senin (18/12/2023).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Pj. Bupati Takalar didampingi Kepala Kantor UPP Kelas III Jene'ponto Muhammad Nasir Rajab, S.Si.T,. M.M.Tr., Ketua Tp. PKK Kab. Takalar Sri Astuti Thamrin Setiawan S. Si, M. Stat, Ph.D, dan perwakilan Forkopimda Kab. Takalar.

Advertisement

Pelabuhan Laut Tanakeke ini merupakan kerjasama antara Kementerian Perhubungan RI dalam hal ini Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto dengan Pemerintah Kab. Takalar.

Pj. Bupati Takalar dalam sambutannya  sangat mengapresiasi kepada Kementerian Perhubungan yang telah menyediakan pelabuhan ini, dengan diresmikannya pelabuhan laut tanakeke akan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke pulau ini.

"Kita harus maksimalkan kepulauan ini dengan mengembangkan potensi yang ada, baik pertanian maupun pariwisatanya. Selain itu alam dan sumber daya manusianya juga harus dimaksimalkan sehingga pulau ini menarik untuk dikunjungi. Kalau perlu kita membuat event atau perayaan yang menarik sehingga masyarakat antusias untuk berkunjung" Pungkas Dr. Setiawan.

Dr. Setiawan berharap pelabuhan ini menjadi pintu keluar masuknya barang, jasa dan orang serta aktivitas ekonomi berbagai sektor, baik sektor pertanian, kelautan dan pariwisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar fasilitas di pelabuhan ini dijaga dan dirawat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor UPP Kelas III Jene'ponto Muhammad Nasir Rajab, S.Si.T,. M.M.Tr., mengatakan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di kepulauan tanakeke.

"Insyaallah kita akan kerja sama dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dan adapun fasilitas yang kita punya disini dari kementrian perhubungan berupa kantor gudang dan lainnya yang bisa kita berdayakan untuk masyarakat sekitar" Tutup Kepala Kantor UPP.

Usai peresmian, Pj. Bupati Takalar bersama Kepala Kantor UPP Kelas III Jene'ponto  Ketua Tp. PKK Kab. Takalar, beberapa Pimpinan OPD Lingkup Kab. Takalar, Camat Tanakeke, para Kepala Desa Se-Kec. Kepulauan Tanakeke melakukan kunjungan ke SDN Inpres Satangnga, dan posyandu Desa Mattiro Baji, serta mengunjungi dapur sehat atasi stunting (DASHAT) Desa Mattiro Baji.