Mahasiswa Kehutanan Unhas Gelar Pelatihan Lebah T

42

SULSELBERITA.COM. Makassar – Empat mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas yang tergabung dalam satu tim berhasil memperoleh dana hibah Call For Student Tahun 2022. Keempat mahasiswa tersebut adalah Andi Prastiyo (Prodi Kehutanan, 2019) sebagai ketua dan Tiga anggotanya yakni Nurfadilah Latif (Prodi Kehutanan, 2018), Gilang Ramadhan (Prodi Rekayasa Kehutanan, 2021), dan Rehan (Prodi Konservasi Kehutanan, 2021). Tim ini didampingi oleh Dr. Ir. Sitti Nuraeni, M.P (Dosen Fakultas Kehutanan Unhas).

Judul program mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas yang berhasil lolos pada Call For Student 2022 adalah “Pengembangan Meliponikultur dengan Inovasi Prototype Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Lebah Trigona sp. Di Desa Rompegading Kabupaten Maros”
“Desa Rompegading kami pilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan Pengabdian karena desa ini telah memiliki kelompok tani hutan dalam budidaya lebah Trigona. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan budidaya lebah Trigona di dalam kelompok tani hutan dan dapat memberikan kontribusi dalam pelatihan perbanyakan koloni lebah Trigona yang di budidayakan. Dalam peningkatan meliponikultur diharapakan juga masyarakat dapat melihat peluang terkait kondisi sekitar mengenai potensi pakan lebah karena pakan lebah merupakan hal yang paling penting dalam proses budidaya lebah Trigona. Melalui program ini akan membawa masyarakat agar lebih fokus memanfaatkan hasil hutan bukan kayu yaitu salah satunya dengan membudidayakan lebah trigona itu sendiri dan hutan dapat terjaga baik secara lestari dengan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu secara produktif” Ujar Andi Prastiyo.

Baca Juga  LSM GEMPA Indonesia Kecam Jaksa yang meng SP3 kan Tersangka Korupsi 116 Miliar

Pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 5 juni 2022 pukul 20.00 wita secara langsung berbaur dengan kelompok tani hutan peternak lebah Trigona. Dengan mendatangkan ahli lebah dari dosen Fahutan Unhas sebagai ahli lebah sebagai pemateri yaitu Dr. Ir. Budiaman, MP.

Program pengabdian ini mendapat sambutan positif dari masyarakat kelompok sasaran. Hal ini disampaikan oleh Jumdan selaku Ketua Kelompok Perhutani Desa Rompegading. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi pengetahuan serta informasi bagi kelompok tani hutan budidaya lebah Trigona dan semoga dapat meningkatkan perkembangan dalam budidaya lebah Trigona yang telah kami lakukan dan terima kasih kepada tim pengabdian yang telah memberikan pelatihan mengenai pengembangan meliponikultur dan inovasi prototype peti lebah.

Baca Juga  Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK, MHum Berkurban

“Bukan hanya sampai disitu, kelompok sasaran akan dilatih dalam berinovasi prototype peti lebah dan memindahkan koloni dan memecahkan koloni. Dengan demikian, kami berharap apabila mitra telah memiliki keterampilan dalam peningkatan budidaya lebah trigona dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar, hal ini menjadi langkah awal peternak untuk mengembangkan budidaya lebah Trigona sehingga akan tercipta peternak Trigona yang mandiri dan peduli lingkungan”

BAGIKAN