Apel Gelar Pasukan Awali Giat Operasi Lilin 2020 di Selayar

27

SULSELBERITA.COM. Selayar – Operasi Lilin 2020, akan digelar secara serentak oleh seluruh institusi kepolisian tanah air menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kegiatan ini akan digelar di seluruh Indonesia terhitung mulai dari hari, Senin, 21 Desember 2020, hingga 4 Januari 2021.

Advertisement

Dalam rangkaian tersebut, Apel gelar pasukan dilaksanakan jajaran aparat Kepolisian Resort Kepulauan Selayar dengan melibatkan peserta dari unsur personil Polres Kepulauan Selayar, BKO Brimob Polda Sulsel, Kodim 1415/Selayar, satuan polisi pamong praja (satpol pp) dan pemadam kebakaran (damkar), Basarnas.

Giat apel pasukan yang dihadiri oleh jajaran anggota forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) ini, digelar, di area Lapangan Upacara, Mako Polres Selayar, pada hari, Senin, (21/12).

Sebelum membacakan amanat dan sambutan seragam Kapolri, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili Sekda, DR. Ir, Marjani Sultan M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih kepada institusi Kepolisian Polres Kepulauan Selayar BKO Brimob Polda Sulsel, bersama jajaran Kodim 1415 Selayar dan back up Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) atas segala bentuk pengabdian, dedikasi, dan kerja keras aparat pengamanan dalam memback up terselenggaranya kegiatan Pilkada, pemilihan bupati dan wakil bupati yang aman, kondusif, tertib, dan terkendali dengan jumlah partisipasi pemilih tertinggi di Sulawesi-Selatan.

Bertindak selaku pimpinan apel, Marjani Sultan, berkesempatan membacakan amanat dan penekanan Kapolri untuk dipedomani dan dijadikan bahan acuan dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Polri pada penyelenggaraan operasi lilin tahun 2020.

Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., melalui amanat, dan sambutan seragamnya menegaskan, “giat pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid 19”.

“Kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19”.

Lanjut, Idham Azis menguraikan, “berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, tercatat ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan Narkotika, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, dan aksi kriminal lainnya”.

“Selain potensi gangguan kejahatan dan kriminal, jajaran institusi Polri juga diminta untuk memberikan perhatian dan atensi terhadap beberapa bentuk-bentuk pelanggaran lalu lintas mulai dari aksi balapan liar, penggunaan knalpot racing, dan upaya untuk menekan potensi kecelakaan lalulintas”

Bentuk empati dan kepedulian terhadap ancaman bencana alam, Banjir, tanah longsor sebagai dampak dari musim hujan disampaikan Kapolri di penghujung amanat dan sambutan seragamnya.

Terkait hal tersebut, Kapolres kepulauan Selayar, AKBP Temmangnganro Machmud, S.IK, MH. Menghimbau warga masyarakat untuk mengindari kerumunan, dan tidak melaksanakan pawai kendaraan, balapan liar, serta kegiatan kumpul kumpul, pesta miras, penyalahgunaan narkotika yang dapat memicu kerawanan kamtibmas.

Arahan dan himbauan juga disampaikan bagi warga Nasrani yang akan melaksanakan Ibadah Natal untuk tetap mematuhi standar protokol kesehatan covid-19 .

Warga juga diminta untuk mewaspadai segala bentuk potensi bencana alam selama musim barat yang disertai guyuran hujan hingga berpotensi untuk menimbulkan potensi banjir serta tanah longsor.
(Hms Polres Selayar/Andi Fadly Dg. Biritta)