Jadikan Sungai Sebagai Jalur Truk Pengangkut Material Tambang, Suplay Air Baku PDAM Takalar Tersumbat

817

SULSELBERITA.COM. Takalar - Dimusim kemarau panjang tahun ini, kekeringan pun terjadi dimana mana, bahkan juga berimbas pada pelanggang PDAM Takalar, karena suplay air berkurang.

Salah satu penyebabnya adalah, suplay air baku ke PDAM Takalar yang berasal dari sungai tersumbat, sehingga pihak PDAM Takalar harus bekerja ekstra untuk mendapatkan suplay air baku.

Menyikapi hal tersebut, tim PDAM pun turun menyusuri sungai, untuk mencari tahu, kenapa suplay air baku ke PDAM kini tersendat, dan hasilnya sangat mengejutkan, karena ternyata salah satu sungai penyuplai air baku PDAM Takalar yang melewati Lingkungan Borongbaji kelurahan Malewang, Kec.Polut, sengaja di timbun dan didangkalkan, untuk dijadikan jalur mobil truk pengangkut material tambang yang tidak jauh dari jalur sungai tersebut.

Baca Juga  Terkait Penyegelan Kantor Desa Pattinoang, Mantan PLT Yusuf Naba "Cuci Tangan"

"Ini sungai sengaja didangkalkan, tujuannya suoaya mobil truk pengangkut material tambang lewat di jalur sungai yang sudah tertimbun, inilah penyebab utama suplai air yang seharusnya besar di jalur sungai ini menjadi kecil, karena air sungai tertahan oleh timbunan di jalur sungai yang diborong Baji ini, sehingga Kami kekurangan air baku". Ungkap Kasubag Humas PDAM Takalar, Muslimin Basri, SM

Lebih jauh diungkapkan Muslimin, "Jadi kami juga perlu jelaskan,, Jalur sungai yang menuju Bontorita dan satu jalur dengan sungai Bajeng tempat air baku, suda tidak layak lagi disebut sungai,  karen besarnya banyak yang hanya kurang lebih 1 meter luasnya saja,  Ini sangat merugikan kami di PDAM Takalar". Ungkapnya lagi.

"Kami berharap pihak terkait agar segera kembali membuka jalur sungai ini dengan baik Karena sungai ini sudah lari dari peruntukannya.
Juga sungai ini sudah butuh untuk dinormalisasi". Tutup Muslimin

Baca Juga  Darus Salam Center Kecam Pembakaran Masjid Ashok Nagar di New Dehli India
Advertisement
BAGIKAN