Kadis Perikanan Takalar Resmikan Kantor Koperasi Nelayan di Galesong Utara

0
393

SULSELBERITA.COM. Takalar--Bertempat di Dusun Soreang Baru Desa Tamalate, Senin 12 Agustus 2019, dihadiri Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Takalar, Camat Galesong Utara, Kades Tamalate, mewakili Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM Kepala Bidang Koperasi beserta rombongan hadir dalam acara Peresmian Kantor Koperasi Nelayan yang bernama Berkah Tompo Galesong.

Kegiatan yang dilaksanakan tepat dihari kedua pasca Idul Adha 1440 H, dikemas sederhana namun dihadiri oleh seluruh anggota Koperasi yang saat ini sudah berjumlah 42 orang Nelayan yang berasal dari Desa Tamalate, Tamasaju dan Kelurahan Bontolebang. Dalam sambutannya Pak Kepala Bidang Koperasi H. Nasaruddin menyampaikan apresiasinya dan salut atas kegigihan Pengurus Kop. Berkah Tompo Galesong yang meskipun baru berumur 8 bulan tapi sudah mempunyai aktivitas rutin yang cukup padat dan telah berbadan hukum bahkan telah disahkan Kementerian Koperasi "Atas nama kepala Dinas Koperasi menyampaikan apresiasi atas semangat dan upaya keras yang dilakukan oleh pengurus Koperasi Berkah Tompo Galesong, kami mengukuhkan koperasi ini bulan April 2019 berharap koperasi ini bisa menjadi koperasi percontohan melihat aktivitasnya yang cukup sehat sejak awal".

Baca Juga  Gelar Anev Penyerapan Anggaran,Begini Pesan Kapolres Bantaeng

Acara yang berlangsung dari jam 12.15 - 15.00 sekaligus menjadi wadah peningkatan kapasitas pengurus dan anggota koperasi. Ketua Koperasi Amrul, yang kesehariannya adalah papalele untuk nelayan kecil mengatakan, gagasan pembentukan Koperasi didasari oleh keinginan bersama para nelayan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan terutama yang sudah terikat hubungan punggawa dan sawi, dan alhamdulillah kami dibina oleh pegawai/pendamping dari Dina Koperasi yang senantiasa meluangkan waktunya dalam setiap pertemuan yang kami adakan".

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sirajuddin Saraba yang hadir memenuhi undangan didaulat meresmikan Kantor Koperasi yang 95% anggotanya adalah Nelayan dalam sambutannya menyatakan sangat bersyukur atas terbentuknya koperasi Nelayan di Galesong Utara "Secara lisan saya dengar tentang koperasi ini saat diskusi dengan teman, tapi saya tidak menyangka bahwa aktivitasnya telah berjalan dengan baik bahkan sudah berbadan hukum. Selama ini pemerintah memang memiliki keterbatasan menjangkau semua masyarakat untuk memberikan pembinaan sehingga wadah koperasi sangat dibutuhkan untuk memudahkan memudahkan semua pihak melakukan pembinaan. Saat ini pemerintah pusat memberikan dukungan ke kelompok-kelompok produktif itu melalui koperasi, sehingga langkah yang diambil oleh koperasi Berkah Tompo Galesong sangat tepat. Tapi meskipun koperasi menjadi wadah untuk mendapatkan bantuan pemerintah, kami berharap masyarakat tidak membentuk koperasi semata-mata karena orientasi bantuan. Saya yakin koperasi yang sehat merupakan calon penerima manfaat yang potensial. Hal ini juga sejalan dengan Program Pemerintah yang tertuang dalam P22 yaitu Peningkatan Kesejahteraan Nelayan melalui bantuan sarana dan prasarana dan alat tangkap bagi Nelayan"tutupnya.

Baca Juga  PB-HIPERMATA Komisariat Unismuh Baksos di Pantai Punaga

Pengguntingan pita dan pemeriksaan dokumen merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan Peresmian Kantor Koperasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here