Raja Laikang Takalar Beri Gelar Kebangsawanan Kepada Wakapolda Sulsel

1184

SULSELBERITA.COM. Takalar - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Wakapolda Sulsel) berkunjung ke Rumah Adat Kerajaan Laikang di Dusun Cikoang Desa Cikoang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar pada beberapa waktu lalu.(18/3/2019)

Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Drs.Adnas, M.Si berkunjung ke rumah adat Kerajaan Laikang dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi dan juga untuk mengajak para pemangku adat kerajaan agar bisa berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan yang kondusif khususnya menjelang pesta demokrasi pemilihan Presiden dan wakil presiden 2019 nanti.

Wakapolda bersama rombongan saat berkunjung di kerajaan Laikang, disambut dengan prosesi adat berupa tarian a'ngaru yaitu sebuah tarian penjemputan yang dikhususkan kepada pejabat yang berkunjung ke wilayah kerajaan tersebut.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para pemangku adat Karaeng Laikang, Raja Sanrobone, Raja Polongbangkeng, Raja Bangkala, Raja Arungkeke, Sesepuh Kerajaan Laikang, tripika, Kepala Desa Se-Kecamatan Mangarabombang, tokoh-tokoh masyarakat, dan tokoh-tokoh adat lainnya.

Raja Laikang dalam acara silaturahim tersebut memberikan gelar kebangsawanan kepada Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Drs.Adnas, M.Si bernama “Imannuntungi Karaeng Tojeng" (berarti Raja yang menuntun kebenaran) sekaligus pemberian PIN kerajaan oleh Raja Laikang sedangkan Perdana Menteri Kerajaan Laikang memberikan Keris Pusaka.

“Saya sangat senang dan bahagia, karena telah menerima gelar kebangsawanan dari kerajaan Laikang, Takalar. Selanjutnya Wakapolda Sulsel sebagai wujud rasa syukur dan jalinan tali silaturahmi dengan kerajaan laikang sebagai pemangku adat menyerahkan 1 ekor kerbau untuk dipotong dengan harapan agar aliran darahnya yang mengalir ke tanah sebagai tanda bahwa dirinya adalah bahagian dari Keluarga Besar Kerajaan Laikang’’, ungkap Jenderal bintang satu ini.

Personil Polres Takalar pun ikut mengamankan jalannya kegiatan silaturahmi itu, jajaran Polsek Mangarabombang serta para anggota Koramil Kecamatan Mangarabombang, Takalar.