HMJ Fisika FMIPA UNM Akan Gelar Gebyar Sivitas Fisika (GRAVITASI) 2018

840

SULSELBERITA.COM. Makassar – HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2017/2018 sedang mempersiapkan event terbesar mereka yaitu “Gebyar Sivitas Fisika (GRAVITASI) 2018” dengan tema Mewujudkan Generasi Muda yang Inovatif, Kreatif dan Produktif dalam Bidang Sains dan Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Event ini diadakan pada tanggal 12-15 November 2018.

Kegiatan ini merupakan program pendukung pemerintah dalam hal ini institusi Universitas Negeri Makassar dalam mengembangkan potensi Pendidikan, Sains dan Teknologi bangsa Indonesia, Gravitasi hadir dalam bentuk lomba atau olimpiade untuk para pelajar tingkat SMP/Mts/SMA/SMK/MA dan juga Mahasiswa. Selain itu terdapat pula bentuk non lomba.

Adapun paket-paket kegaiatannya sebagai berikut :
Olimpiade Fisika SMA Se-Sulselbar
Olimpiade Fisika SMP Se-Sulselbar
Bursa Buku
LKTIM Nasional
Lomba Fisika Tepat Guna (FTG) Se-Sulselbar
Essay SMA Se-Sulawesi
Seminar Nasional

Ada yang berbeda dari GRAVITASI tahun ini, yaitu Sistem Regional yang akan memperkenalkan event ini serta menjangkau sekolah-sekolah yang wilayahnya jauh dari kota Makassar
“Sistem regional ini nantinya akan dinikmati oleh peserta yang daerahnya jauh dari kota Makassar, kita memberikan kesempatan kepada mereka-mereka yang tahun-tahun sebelumnya terkendala pada bagian akomodasi,dengan terjun langsung ke daerah-daerah regional yang telah ditetapkan” ungkap Suryadi Sudirja, selaku Ketua Panitia GRAVITASI 2018.

Jadi tahun ini panitia menyedikan beberapa lokasi Regional bagi peserta Olimpiade Fisika yang mana dapat diakses dengan mudah bagi para peserta dari daerahnya masing-masing .Untuk masing-masing daerah meliputi :
Regional Majene – Kab. Majene, Kab. Polewali Mandar, Kab. Mamasa, Kab. Mamuju, Kab. Mamuju Utara, dan Kab. Mamuju Tengah, berlokasi di LPMP Majene (28 Oktober 2018)
Regional Pare-pare – Kota Pare-pare, Kab. Pinrang, Kab. Sidenreng Rappang, Kab. Wajo, dan Kab. Barru, berlokasi di Kampus V UNM Pare-pare (28 Oktober 2018)
Regional Makassar – Kota Makassar, Kab. Gowa, Kab. Maros, Kab. Takalar, dan Kab. Pangkajene Kepulauan, berlokasi di Ballroom Lt.2 Menara Phinisi UNM (31 Oktober 2018)
Regional Toraja – Kab. Tana Toraja, Kab. Toraja Utara, dan Kab. Enrekang, berlokasi di Kampus 1 Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, berlokasi (1 November 2018)
Regional Bone – Kab. Bone, Kab. Sinjai, dan Kab. Soppeng, berlokasi di SMAN 13 Bone (4 November 2018)
Regional Bantaeng – Kab. Bantaeng, Kab. Jeneponto, Kab. Bulukumba, dan Kab. Kepulauan Selayar, berlokasi di SMAN 1 Bantaeng (4 November 2018)
Regional Palopo – Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, dan Kab. Luwu Timur, berlokasi di SMAN 1 Palopo (4 November 2018).

Hal menarik lainnya juara 1-10 berhak maju ke semi final dan untuk kalian yang berada di peringkat 1, 2, dan 3 dari masing-masing regional biaya akomodasi akan ditanggung oleh pihak panitia. Dan untuk kalian yang tidak masuk peringtkat 1-10 kami dari pihak panitia kembali akan merengking secara keseluruhan dari semua regional diluar dari 140 peserta yang lolos ke babak semi final dan nantinya akan dipilih nilai tertinggi pertama sampai nilai tertinggi ketiga dan juga berhak lolos ke semi final.

Harapan dari pihak panitia , adanya GRAVITASI 2018 ini bisa menjadi contoh untuk GRAVITASI ditahun mendatang dan jangkauannya bisa meluas sampai jenjang yang bukan hanya di Sulselbar namun sampai tingkat Nasional.

Jadi untuk kalian yang ingin Join dalam event ini, Info lebih lanjut mengenai pendaftaran dan lain-lain dapat kalian akses di Fb: Gravitasi Unm , Ig : @gravitasiunm, web: www.himafi-unm.org dan via email: gravitasiunm@gmail.com