Cepat Tanggap, Kadis Kesehatan Takalar Langsung Kunjungi Rosa Anak Penderita Lumpuh

393

SULSELBERITA.COM. Takalar - Seperti yang telah diberitakan oleh media ini dan beberapa media online sebelumnya, dimana di sebutkan jika Rosa salah seorang warga Aeng Towa Kec.Galut Kab.Takalar, sudah 15 tahun menderita kelumpuhan dan tak pernah tersentuh perhatian pemerintah, langsung disikapi dengan tanggap oleh Kadis kesehatan Takalar dr Hj,  Nilal Fauziah  M.Kes.

Nilal Fauziah pun bersama rombongan langsung mendatangi rumah Rosa (15) di Desa Aeng Towa hari ini (Senin, 11/6/2018), turut mendampingi Kadis Kesehatan tersebut, adalah kepala bidang p2,  Kepala  Puskesmas Aeng Towa, dokter di Puskesmas serta  dari dinas sosial Kab.Takalar.

"Kami langsung mengunjungi pasien atas nama Rosa yang kemarin diberitakan dibeberapa media, dimana dikatakan yang bersangkutan menderita penyakit lumpuh layu, dan setelah kami melakukan pemeriksaan, ternyata yang bersangkutan itu memang mengalami cacat bawaan sejak lahir dan ada riwayat vakum sebelumnya pada waktu lahir. Jadi kemungkinan besar dampak dari vakum itu rosa mengalami   kelainan fisik" Jelas Nilal Fauziah.

Baca Juga  FOUNDER SEKOLAH SUNGAI JENEBERANG APRESIASI POLRES GOWA
Advertisement

Lanjut di jelaskan "Orang tua rosa sebenarnya sudah menyadari  sejak awal, jika anaknya tersebut mengalami kelainan fisik, orang tuanya sudah melakukan berbagai macam pengobatan baik medis mau pun non medis, kami dari dinas kesehatan bersama puskesmas Aeng Toa sudah menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke RS dan pihak, dan pihak RS juga sudah menunggu untuk menerima pasien". Jelas Nilal melalui Aplikasi WA. (Senin, 11/6/2018).

Lebih jauh dijelaskan lagi oleh Kadis Kesehatan Takalar ini, “Perlu diketahui, sebelumnya Rossa berdomisili di Kabupaten Nabire dan baru 2 bulan terakhir ini dibawa ke Takalar, memang belum pernah kontak dengan petugas kesehatan dan juga dari dinas sosial, kami sudah berkordinasi dengan Dinas Sosial, dan  mendapatkan informasi, bahwa mereka juga baru mengetahuinya, padahal sebelumnya sudah ada yang ditempatkan di setiap  desa kami selama ini dibantu oleh kader kasehatan yang ada di desa untuk memberikan informasi jika ada masalah kesehatan yang menimpa warga,  untuk mengetahui ada tidaknya  warga masyarakat yang mengalami disabilitas atau gangguan fisik seperti yang dialami oleh Rosa. kami  tadi juga sudah melakukan pemeriksaan secara fisik yang dilakukan oleh dokter, dan hasilnya tidak ada kelainan  gangguan penyakit yang menyertai, secara fisik memang  mengalami kelainan bawaan tetapi fisik kesehatan tanda vital dalam keadaan normal  dan setelah dilihat Rosa cukup terawat, bersih dan dalam pengawasan yang cukup dari keluarganya kebetulan ayahnya juga berada di sini dan pada saat kami kunjungi Rosa cukup dirawat  langkah selanjutnya yang kami lakukan sebaiknya dan Harusnya Rossa dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk diketahui Apa penyebab penyakitnya ini kemudian kalau bisa dilakukan pemeriksaan mungkin diberikan tindakan fisioterapi" Kuncil Nilal Fauziah

Baca Juga  Sepulang Kunjungi Lokasi Bencana di Jeneponto, Pangdam Hasanuddin di Jamu Makan Siang oleh Bupati Takalar
Advertisement
BAGIKAN