Jaga Kelestarian Budaya Galesong, Laskar Muda I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong” Di Bentuk

385

SULSELBERITA.COM. Takalar - Perjuangan Forum Pemerhati Galesong (FPG) serta Pemda Takalar dalam menjaga kelestarian budaya yang ada di Butta Panrannuangku, terus dilakukan, terutama dalam memperjuangkan  salah satu pejuang kemerdekaan  asaI Galesong, diangkat menjadi pahlawan Nasional.

I Mannindori Kare Tojeng “Karaeng Galesong", adalah nama yang tak asing lagi bagi masyarakat Takalar, spirit perjuangannya tentu saja diharapkan tetap melekat bagi diri warga Takalar, terutama bagi kalangan muda, berbagai upaya pun dilakukan oleh Pemda Takalar, seperti dialog sampai Kegiatan Seminar Nasional yang bekerjasama pihak Pemkab Takalar melalui Dinas Sosial dengan Yayasan AMSCenter, bersama Forum Pemerhati Galesong, (FPG).

Hal inilah yang memacu semangat para pemuda-pemudi Galesong untuk membentuk sebuah Laskar, dengan memberikan nama Laskar Muda I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong”, tentunya dengan harapan spirit perjuangannya selalu terjaga bagi seluruh masyarakat Takalar, terutama dikalangan kaum muda.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Kelurahan Pallantikang Kawal Penyaluran Sembako Dari Pemerintah Kabupaten Takalar
Advertisement

Berawal dari diskusi yang dipandu oleh Ika Fariha asal Malang bersama Sirajuddin Bantang, melahirkan ide kreatif untuk menjaga kelestarian budaya, sejarah besar Karaeng Galesong untuk membentuk Laskar Muda I Mannindori I Kare Tojeng “Karaeng Galesong tersebut.

Pada sore tadi, setelah sebelumnya Laskar Muda I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong resmi dibentuk, kemudian dikukuhkan yang dihadiri oleh sejumlah petinggi Forum Pemerhati Galesong (FPG) di Masjid Bayowa seusai sholat Ashar bersama.

Pembukaan acara dimulai oleh Protokol dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ketua Panitia Jutawan Bakti Nawirma yang juga adalah Ketua Laskar Muda I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong.

Jutawan Bakti Nawirma dalam sambutannya mengatakan bahwa kami hadir sebagai icon spirit pemuda dalam membangkitkan semangat juang mengilhami ataupun menginspirasi Tokoh hebat I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong, itu yang pertama.

Baca Juga  Sertu Suwarno Himbau Para Pedagang Untuk Selalu Mentaati Protokol Kesehatan, Ini Tujuannya

Dan yang kedua, bahwa kehadiran Laskar Muda I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong adalah sebagai wadah positif untuk saling mengkaji sejarah bangsa terkhusus di Galesong.

Ketiga, ini juga sebagai media dalam menyampaikan aspirasi dalam bentuk ide  ataupun dalam sebuah karya anak bangsa. Dan yang keempat, Laskar Muda I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong dibentuk juga turut mendukung program Pemerintah Kabupaten Takalar yang saat ini sedang memperjuangkan Gelar Pahlawan Nasional kepada I Mannindori I Kare Tojeng Karaeng Galesong, tutur Jutawan Bakti Nawirma.

Sambutan Sekjen FPG yang diwakili oleh Pengurus FPG Kasmajaya Daeng Nappa mengungkapkan bahwa selain mengapresiasi kegiatan ini, mengajak para pemuda untuk terus berkarya, rasa syukur dan kagum kepada semangat muda yang dimiliki para pengurus ini berharap untuk bisa ditingkatkan lagi dalam segala aspek kehidupan ini, dan pesan terakhirnya “Maju Terus Pantang Mundur”, tutup Kasmajaya Daeng Nappa.

Baca Juga  OPINI : Covid-19, Dilematis Kesehatan dan Ekonomi : Manakah yang Perlu di Selamatkan?

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Aimal Situru dari hasil karya puisi Ika Fariha yang berjudul “Rinduku Galesong”. Sesi foto bersama melengkapi kegiatan itu setelah acara ditutup

Advertisement
BAGIKAN