Sekda Takalar wakili Pj Bupati Takalar mengikuti zoom meeting Gerakan Pangan Murah Serentak di Sulawesi Selatan

21

SULSELBERITA.COM. Takalar - Diskominfo-SP, 15 Oktober 2024. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar, Dr. H. Muhammad Hasbi, S.STP., M.AP, M.I.KOM, mewakili Penjabat Bupati Takalar dalam acara Zoom Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diadakan secara serentak di seluruh Sulawesi Selatan. Kegiatan ini berlangsung di Alun-Alun Baruga Panrannuangku Selasa (15/10).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Sulawesi Selatan yang ke-355 dan Hari Pangan Sedunia yang ke-44. GPM bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan aksesibilitas bahan pokok bagi masyarakat, serta menjaga stabilitas harga di tengah tantangan inflasi.

Advertisement

Acara ini dibuka secara virtual oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, yang diwakili oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam sambutannya, berharap gerakan ini dapat membantu menstabilkan harga bahan pokok di Sulawesi Selatan dan menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat dalam menghadapi gejolak harga pangan.

"Harga pangan sering kali bergejolak, oleh karena itu kami terus berupaya melakukan subsidi harga dan intervensi pasar untuk menjaga stabilitas harga," tegasnya.

Sedangkan dikesempatan yang sama Pj Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Ninuk Triyanti Zudan, menekankan pentingnya GPM dalam membantu masyarakat, terutama dalam memastikan akses terhadap bahan pokok yang terjangkau.

"Saya berharap GPM ini bisa menjangkau semua kalangan, membantu stabilitas harga, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sekretaris Daerah Takalar, Dr. H. Muhammad Hasbi, melaporkan bahwa kegiatan ini mendapat partisipasi luar biasa dari puluhan penjual dan ratusan masyarakat.

“Kami bekerja sama dengan semua pihak, termasuk Forkopimda dan swasta serta masyarakat, untuk mengatasi inflasi di kabupaten takalar, saat ini kabupaten takalar sudah melebihi target provinsi Sulawesi Selatan sebesar inflasi 1,5%. Kami berkomitmen untuk menahan inflasi ini, perlu diketahui bahwa Kami secara konsisten melaksanakan kegiatan gerakan pasar murah ini setiap bulan dan hari hari besar untuk mendukung ketahanan pangan di Takalar," Ujarnya

Di akhir acara, Ninuk Triyanti Zudan memberikan apresiasi kepada Kabupaten Takalar atas kinerja baik dalam mengendalikan inflasi. Ia berharap kabupaten Takalar ini terus mempertahankan inflasinya.

Gerakan Pangan Murah ini merupakan langkah nyata pemerintah dalam memastikan ketersediaan dan aksesibilitas bahan pokok bagi masyarakat, serta upaya menjaga stabilitas ekonomi lokal di tengah tantangan inflasi.

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda, Ketua DPRD, pimpinan OPD, Pengurus PKK, Dharma Wanita, dan masyarakat setempat.