Pj. Bupati Berikan Materi Pada Penutupan Orientasi DPRD Kab. Takalar Masa Jabatan 2024-2029

0

SULSELBERITA.COM. Takalar - Diskominfo-SP, 27 September 2024. Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg menghadiri sekaligus memberikan materi pada penutupan Orientasi DPRD Kab. Takalar Masa Jabatan 2024-2029, di hotel Arthama Makassar, Jum'at 27 September 2024.

Sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Takalar masa jabatan 2024-2029 mengikuti Orientasi yang berlangsung selama 4 hari yaitu 24 s/d 28 September 2024.

Advertisement

Dihadapan Anggota DPRD Kab. Takalar, Dr. Setiawan Aswad memberikan materi orientasi tentang Pentingnya Akuntabilitas.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sebuah kegiatan yang dibutuhkan bersama-sama sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan kapasitas dan untuk menyamakan persepsi dalam tugas, fungsi dan kewenangan.

Dalam materinya, Dr. Setiawan mengatakan bahwa Pertumbuhan Ekonomi Takalar sekarang didominasi oleh sektor primer (pertanian, perikanan, kehutanan dan perkebunan) dan kontribusinya sangat besar. Namun hal tersebut tidak bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan, untuk itu struktur ekonomi takalar harus ditranformasi melalui pengolahan atau industri" jelasnya.

"Dibutuhkan pengolahan industri dalam suatu daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi takalar, tentu kita harus melihat potensi apa yang dimiliki yang dapat menarik perhatian investor untuk mengembangkan potensi tersebut" Jelasnya.

Dengan orienrasi ini saya berharap kedepan ada sinergitas dengan OPD Pemkab. Takalar dalam pembangunan Kab. Takalar sehingga Takalar kedepan semakin berkembang.

Sementara itu, Panitia penyelenggara Jamaluddin Hasan, SE, MM dalam laporannya menyampaikan orientasi DPRD merupakan kegiatan penting memberikan pemahaman mendalam kepada para anggota DPRD mengenai tugas, tanggung jawab dan mekanisme kerja dilegislatif. Orientasi ini juga untuk memastikan para anggota DPRD memiliki pengetahuan yang cukup sebelum memulai tugas diperiode jabatan yang baru.

Dijelaskan pula, tujuan dari orientasi ini untuk memperkenalkam struktur, fungsi dan peran DPRD kepada peserta orientasi, memberikan pengetahuan mengenai proses legislasi, penganggaran dan pengawasan, menyediakan wawasan tentang etika, tata tertib dan mekanisme kerja di DPRD, meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama antara anggota DPRD.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPSDM Prov. Sulsel, para Anggota DPRD Kab. Takalar dan Kepala Bidang Manejerial BPSDM Prov. Sulsel.