Program Studi Fakultas Kehutanan UNHAS, Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair

17

SULSELBERITA.COM. Maros - Program Studi Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin mengadakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik cair di Dusun Jambua Desa Limampoccoe, Kab.Maros pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang di lakukan oleh dosen-dosen di prodi ini. Kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh dosen prodi kehutanan bekerjasama dengan praktisi sekolah rakyat payo-payo dan petani dari Desa Tompobulu, Kab. Pangkep yang telah lama menggunakan pupuk organik cair.

Advertisement

Pelatihan ini di hadiri setidaknya 25 orang petani, dosen, mahasiswa. Pelatihan berlangsung selama 1 hari dengan langsung melakukan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair bersama dengan petani dan narasumber yg melibatkan praktisi dan petani dari desa lainnya untuk berbagi pengalaman.

"Kami bekerja sama dengan praktisi dan petani yang telah lama menggunakan POC ini agar dapat secara langsung menceritakan pengalaman mereka selama ini. Hal ini diharapkan dapat memotivasi para petani menggunakan pupuk organik dengan memanfaatkan bahan2 organik yang mudah ditemukan di desa sehingga secara perlahan mereka tidak lagi bergantung dengan pupuk kimia". Ucap salah satu dosen di prodi kehutanan.

Selain itu, pelatihan ini juga merupakan permintaan dari pars petani di desa tersebut. Bahkan, dalam proses pelatihan, para fasilitator tidak hanya mendemonstrasikan cara membuat pupuk organik cair, namun juga bagaimana membuat pakan ternak fermentasi, mengingat para petani yang hadir di pelatihan ini sebagian besar juga memiliki ternak.

Pelatihan ini juga mendukung tercapainya SDG, khususnya SDG 13 dalam memerangi perubahan iklim dengan mengurangi penggunakan pupuk kimia.