Pembangunan Kesejahteraan Ekonomi Lokal Berbasis COMMUNITY DEVELOPMENT

43

KENDARI – Intisari komitmen dan kontribusi dari entitas perusahaan yang berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas masyarakat pada umumnya. Agar senantiasa terjadi keselarasan aktivitas perusahaan dengan harapan masyarakat, maka sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk menerapkan konsep Corporate Social Responsibility (CSR)

Perusahaan memiliki satu entitas yang dipenuhinya agar terjadi keselarasan atau adanya simbiosis mutualisme antara perusahaan dan masyarakat maka diperlukan Community development dalam hal ini memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagaimana mestinya untuk membantu agar perusahaan bisa berkembang dan masyarakat juga bisa merasakan dampaknya

Advertisement

Pengembangan masyarakat atau community development adalah pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memperkuat kemampuan mereka untuk mengatasi masalah dan mencapai tujuan yang diinginkan. Pendekatan ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan partisipasi aktif mereka dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan proyek atau program dalam hal ini dalam kommunity deplopment yakni Corporate Social Responsibility (CSR)

Seperti PT. Antam tbk, Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara sebagai perusahaan yang bergerak pada industri pertambangan. Sudah banyak yang diberikan perusahaan kepada masyarakat

PT. ANTAM, Tbk. di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, CSR ANTAM telah banyak melaksanakan program – programnya yang menyentuh langsung pada masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun, diantaranya ANTAM UBPN Sultra melanjutkan program transplantasi terumbu karang sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup biota laut di kecamatan Pomalaa pada tahun 2016. Dan pada tahun 2017, ANTAM UBPN Sultra, menggelar pelatihan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) lokal dan Sumber Daya Manusia (SDM) secara partisipatif bagi Camat dan aparat lurah/desa se-Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka.

Hadirnya perusahaan tentu menjadi nilai yang sangat besar dan keuntungan bagi seluruh pihak khususnya perusahaan dan masyarakat untuk benar-benar terjalinnya hubunganya dengan baik.

Dengan hadirnya perusahaan tentu hal yang positif untuk masyarakat  khususnya yang ada dilingkaran perusahaan. menjadikan langkah yang baik untuk menjalin satu platform yang baik dalam penataan daerah kita yang lebih berkelanjutan

Perlunya pengawalan dari semua pihak baik itu dari masyarakat, pemerintah untuk bagaimana perusahan tersebut benar-benar memberikan dampak yang baik untuk kita sehingga perlunya dukungan dari semua pihak untuk menjaga perusahaan benar-benar memberikan kemanfaatan.

Ada hal-hal yang ingin saya tawarkan untuk community deplopment Agar memastikan kemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR)

Pertama Perusahaan harus mengidentifikasi dan menetapkan prioritas dan tujuan CSR yang sesuai dengan nilai dan misi perusahaan. Hal ini akan membantu perusahaan fokus pada isu-isu yang paling relevan dan signifikan dalam komunitas dan lingkungan di sekitarnya.

Kedua melibatkan pemuda atau masyarakat dalam kerja-kerja perusahaan dalam menjalankan programnya seperti penyaluran CSR agar benar-benar diperuntukkan untuk keperluan masyarakat dan juga berdampak baik untuk masyarakat khususnya dari segi keamanan.

melakukan konsultasi dan kerjasama yang baik dengan pihak terkait, seperti masyarakat lokal, komunitas, pemangku kepentingan, dan organisasi non-pemerintah (LSM).

Dengan memahami perspektif bersama masyarakat dan perusahaan maka akan dapat merancang program CSR yang lebih efektif dan berdampak positif.

(Karya : Hendra Yuskhalid)