Forum Genre Sosialisasi Hidup Sehat di Paotere Jilid Ketiga

52

SULSELBERITA.COM. Makassar, Minggu,12 Maret 2023, adalah pekan ketiga atau pekan terakhir program kolaborasi ini dilaksanakan. Sebagai penutup kegiatan ini dihadiri sebanyak 21 anak anak dengan rentang usia 5-16 tahun alhamdulillah kembali terlaksana dengan lancar dan disambut dengan semangat antusias oleh anak anak di Pelabuhan Paotere.

Forum Generasi Berencana Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Forum Anak Sulawesi Selatan kembali menggelar kegiatan ramah anak sebagai pekan terakhir pelaksanaan kegiatan“GEMAS x PELANGI PAOTERE”  yaitu gerakan sehat generasi emas yang diselenggarakan di Pelabuhan Paotere tepatnya di Masjid Babussalam Cambayya.

Advertisement

Mengangkat materi terakhir yakni membahas tentang makanan sehat gizi seimbang yang dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama salah satu makanan sehat gizi seimbang yakni buah dan susu. Program ini mensosialisasikan mengenai bagaimana pentingnya menjaga kesehatan sejak dini dari menjaga pola makan yang sehat, sebagai mana pada pekan kedua telah dijelaskan mengenai stunting dan anemia sehingga penting kita mengajarkan kepada anak anak agar terhindar dari stunting dan anemia itu perlu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Anugrah Sari, Sekretaris Umum Forum Genre Privinsi Sulawesi Selatan mengatakan, pertemuan pertama telah dijelaskan mengenai phbs dan prkatik mencuci tangan dengan baik menjadi landasan bahwa makan makanan bergizi tetapi tidak mencuci tangan atau tidak menjaga kebersihan, maka pada itu juga menjadikan kinerja makanan sehat ini menjadi berkurang. Jadi baiknya kita sebelum memakan makanan sehat gizi seimbang itu tetap memperhatikan kebersihan agar terhindar dari stunting dan anemia.

Menyinggung soal stunting dan anemia, pada pertemuan ini pula Forum GenRe Sulawesi Selatan kembali melaksanakan salah satu inovasi dalam membantu pencegahan stunting dari hulu yakni membagikan sayuran yang baru saja sudah dipanen dari ‘pengantin’ (pekarangan anti stunting) yang dibuat oleh Forum Genre Sulawesi Selatan, kepada anak-anak yang hadir kegiatan Gemas X Pelangi Paotere ini.

Kemudian kegiatan ini ditutup dengan memberikan Q and A kepada anak anak sebagai bentuk evaluasi selama tiga pekan berkegiatan, dan dilanjutkan dengan memberikan hadiah kepada anak anak yang sudah berani menjawab pertanyaan dan memberikan kesan pesan. Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan membagikan stiker gemas x pelangi paotere kepada anak-anak sebagai bentuk kenang-kenangan dari telah terlaksananya kegiatan kolaborasi keren ini.

Kegiatan ini juga turut disukseskan oleh Forum Anak Hasanuddin Tamallajjua Kab.Gowa, Forum Anak Kota Makassar, Forum Anak Bumi Lasinrang Kab.Pinrang, Forum Anak Panrila Lopi Kab.Bulukumba, Forum Anak Kab.Luwu, Forum Anak Turatea Kab.Jeneponto, dan

Forum Anak Panrannuang Takalar. Semoga apa yang diperoleh dari program kolaborasi ini “Gemas x pelangi paotere “ dapat bernilai baik dan bermanfaat untuk banyak orang, tutup Anugrah.