Diserang Tumor, Sukmaenah Butuh Bantuan Operasi Penormalan Wajah

17
Advertisement

SULSELBERITA.COM.┬áLampung – Layaknya manusia yang normal, memiliki tubuh yang sehat adalah impian setiap orang. Lain halnya dengan Sukmainah, dengan kondisi wajah yang rusak sering membuat dia duduk termenung melamun karena memikirkan nasib keadaan sehari-hari.

Yang sering membuat Sukmainah sedih adalah ketika ada keramaian di desanya, dia sering dilarang untuk datang di tempat keramaian tersebut. Pasalnya banyak anak-anak yang takut melihat wajahnya yang dinilai buruk rupa dan menakutkan, ini juga lah yang sering membuat Sukmaenah bersedih hati dan punya harapan yang sangat besar untuk bisa punya wajah yang normal layaknya manusia pada umumnya meski melalui operasi pertolongan dokter.

Sukmaenah punya harapan yang besar, selain untuk membantu perekonomian keluarga Dia juga sering mengimpikan punya keluarga sendiri seperti punya suami punya anak dan punya usaha sendiri yang bisa dikelola oleh keluarga, namun hal itu hanyalah sebatas impian belaka. Pasalnya Sukma enak tidak punya penghasilan dan tidak punya pekerjaan yang bisa mendatangkan atau menghasilkan uang, Dia hanya bisa bergantung kepada Bapaknya yang sudah tua renta dari hasil buruh tani di desanya.

Advertisement

Sukmaenah sangat berharap, kiranya ada donatur yang dermawan peduli terhadap kondisi dan keadaan nasib malangnya yang mengalami penyakit tumor jinak pada bagian muka sejak umur tiga tahun hingga sekarang. “Semoga saja ada belas kasihan dari para donatur yang dermawan, untuk peduli dengan kondisi saya bang.” Ungkapnya kepada Bang Rizal saat ditemui.

Baca Juga  Binmas Kelurahan Mangadu Pantau Penyaluran BPNT

“Saya malu dan sering melamun memikirkan nasib saya kedepannya bang, saya ingin hidup normal punya wajah yang pantas tapi keluarga saya tidak punya uang untuk membiayai saya tanpa bantuan dari para donatur yang dermawan” tambahnya.
SURVEY
Nama Relawan. ; Amrizal
Kategori. ; Kesehatan dewasa
Pengajuan. ; Bantu Sukmaenah punya wajah normal melalui operasi.
Tanggal pengajuan. ; Kamis, 01 Desember 2022

DATA
1. Siapa nama penerima manfaat?
SUKMAENAH

2. Tempat tanggal lahir?
Way Mati, 07-08-1983

3. Alamat tempat tinggal?
Way Mati, rt 033/rw 008 desa Sukadana jaya kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur.

4. Apa nama penyakitnya?
NEUROFIBROMATOSA ET FACIAL – Tumor jinak.

5. Sejak kapan mengalami penyakit tersebut?
SUKMAENAH mengalami penyakit tumor jinak dari kecil usia 3 tahun hingga sekarang.

6. Bagaimana awal mula kejadiannya?
Berawal dari benjolan di bagian hidung sebesar biji jagung, lama kelamaan terjadi pembengkakan dan pembesaran seperti orang yang sedang sakit gigi.
Bengkak yang dialami bagian hidung terus menjalar ke bagian mata di sebelah kanan hingga ke seluruh bagian muka pada bagian kanan dari atas sampai ke bawah. Seiring waktu berjalan karena tidak punya biaya untuk pengobatan ke rumah sakit sehingga mata bagian kanan turun ke bawah dan begitu juga bagian dahulu sudah semakin panjang.

Baca Juga  Waspada Bahaya Kebakaran, Bhabinkamtibmas Sanrobone Sambangi Warga Binaan

Hal ini menyebabkan muka pasien tidak normal dan rusak sebelah sehingga pasien mengalami kesulitan untuk melihat bahkan kesehatannya terganggu. Pasien sering mengalami rasa sakit dan hingga sekarang selalu bergantung kepada obat, untuk pereda rasa nyeri.

7. Bagaimana kondisi saat ini?
Kondisi saat ini pasien sedang tidak dalam keadaan baik, karena pembengkakan terus terjadi pada bagian dagu, anehnya terus semakin turun dan panjang ke bawah. Selain itu, pasien juga sering mengalami sakit dan bergantung pada obat-obatan.

8. Pengobatan apa yang sudah dilakukan?
Pasien sudah pernah dioperasi untuk pemotongan bagian dagu yang memanjang sebanyak 4 x ke RSCM Jakarta.

9. Apa pekerjaan utamanya?
Pasien tidak memiliki pekerjaan selain membantu orang tua di rumah, seperti memasak nasi, bersih-bersih dll.

Baca Juga  Kapolres Takalar Bersama Rombongan Gowes Ke Kawasan Wisata Pantai Topejawa

10. Berapa penghasilannya?
Sukmaenah tidak punya penghasilan, dia hanya bergantung kepada bapak yang sudah tua bekerja sebagai buruh tani di kampung.

11. Berapa jumlah tanggungan keluarga?
Sukmaenah tidak punya tanggungan karena belum pernah menikah, hingga sekarang statunya lajang/belum menikah.

12. Mengapa perlu kita bantu?
Sukmaenah adalah salah satu keluarga kurang mampu di kampungnya, dia tergolong warga yang baik dan punya semangat berjuang untuk hidup normal.

Impian Sukmaenah adalah memiliki wajah normal seperti layaknya orang lain dan ingin punya pekerjaan untuk membantu perekonomian keluarga karena ibunya sudah meninggal sementara bapak sudah tua, tenaga sudah mulai berkurang, sering mengeluhkan kesehatannya sementara Biya hidup sehari-hari bergantung pada ayahnya.

13. Bantuan apa yang dibutuhkan?
Sukmaenah sangat membutuhkan bantuan uang untuk biaya operasi selanjutnya ke RSCM Jakarta. Karena tanpa bantuan dari para dermawan maka harapan untuk sehat normal bagi Sukmaenah hanya isapan jempol saja.

Karena itu Sukmaenah butuh bantuan uang untuk biaya operasional keberangkatan operasi selanjutnya ke Jakarta hingga selesai proses operasi.

14. Apakah ada BPJS?
Ada

15. Kontak penerima manfaat?
085609729544 – 085377736594. (red)

BAGIKAN