HUT Kab Konsel ke-17 PGRI Berkolaborasi dengan Pemda Konsel Bagikan Sembako

104

SULSELBERITA.COM. Konawe Selatan - Andoolo,
Haru Bupati di Tengah Pandemi Covid-19 Memaknai Hari Jadi Konsel yang Ke-17

Guna membangkitkan Semangat Warga Konawe Selatan, Bupati Luncurkan Penyaluran BLT DD dan Distribusi 40 Ribu Paket Sembako

Suasana hari ulang tahun Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berbeda seperti biasanya. dimana Pandemi COVID-19 telah membuat kegiatan perayaan hari jadi yang telah dirancang dengan berbagai kegiatan tak bisa dilaksanakan.

Sebagai pemegang pucuk pimpinan Pemerintahan tertinggi di Konsel, Bupati H Surunuddin Dangga turut merasakan haru dan prihatin dengan kondisi yang ada saat ini.

Terenyuh, suara Bupati dalam pidato di perayaan sederhana hari jadi Konsel ke-17, Sabtu (2/5/2020) terdengar berat.

Beliau terlihat berupaya melawan rasa sedih yang mendalam ditengah kondisi bangsa saat ini dan khususnya Konsel ditengah efek Pandemi Covid-19.

" Biasanya semua hadir, tokoh masyarakat juga tokoh pendiri Konsel, semua Kepala Desa di Konsel. Kali ini tidak bisa, sungguh saya merasa sedih,"tutur H surunuddin Dangga

Tak hanya sebatas itu, efek Pandemi Covid-19 menjadikan tantangan besar yang membentang dihadapan Bupati dan jajarannya, memikirkan cara untuk membangkitkan keterpurukan di berbagai sektor kehidupan di Konsel.

Dalam pidato yang berdurasi sekitar 15 menit itu orang nomor satu di Konsel tersebut, nampak menahan isak tangis beberapa detik saat menyampaikan pidato. Rasa haru pun sejenak menyelimuti suasana di halaman kantor Bupati yang jadi lokasi seremoni sederhana HUT ke-17 Konsel.

Pun demikian, Bupati tak sendiri. Unsur Forkopimda Konsel lengkap hadir dalam acara tersebut. Wakil Bupati H Arsalim, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Dandim 1417 Kendari Kol (Inf) Alamsyah, Kapolres Konsel AKBP Dedy Adrianto, Kajari Konsel Apriliana Purba.

Selain itu juga hadir Ketua Pengadilan Negeri Andoolo, Endra Hermawan dan Pengadilan Agama Konsel Fahruddin dan Sekretaris Daerah H Sjarif Sajang, Ketua Tim Penggerak PKK Konsel Hj Nurlin Surunuddin, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj Arni Arsalim dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Konsel Hj Ariaty Sjarif.

Tak mau larut dalam suasana haru tanpa upaya solutif dalam membangkitkan semangat warga Konsel dalam kesempatan tersebut Bupati Surunuddin meluncurkan secara simbolis bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) Konsel tahun 2020 kepada Kepala Desa Namu Kecamatan Laonti Yuddin.

Penyerahan simbolik tersebut diawali dengan penandatanganan Perbup tentang regulasi penyaluran dan warga yang berhak menerima BLT DD sebagai langkah antisipatif periodik Pemda Konsel bagi warga ditengah Pandemi Covid-19.

" Nanti kalau BLT DD sudah berjalan di semua Desa, saya minta Kades melapor. Jika ada warga di Desa yang juga belum tersentuh laporkan.tegasnya

Kalau juga berlebih, nanti Dana Desa tersebut bisa dialihkan ke Program padat karya tunai mandiri," pinta Bupati.

Surunuddin menyempatkan diri memimpin doa untuk mendoakan para tokoh pendiri konsel yang telah meninggal dunia. Usai berdoa, Surunuddin fokus membahas masalah virus corona.

"Mari kita wujudkan persatuan dan kesatuan kita untuk kita saling membantu saudara kita yang terdampak covid agar kondisi sosial kehidupan kita dapat tetap berjalan maksimal, sebab, hari ini bukan hanya dampak kesehatan yang terdampak langsung, tetapi ekonomi juga paling terdampak," ujarnya.

Mantan ketua DPRD konsel ini juga mengingatkan agar masyarakat patuh terhadap imbauan pemerintah untuk kepentingan bersama, dalam melawan pandemi virus corona. Tak hanya imbauan, Surunuddin juga mengingatkan jajaran OPD maupun camat yang hadir untuk tak main-main dalam menyalurkan bantuan ke masyarakat.

"Sekarang banyak anggaran yang sudah kita rasionalisasi anggaran untuk kita persiapkan melawan bencana wabah ini, juga banyak bantuan yang disalurkan dari pemerintah pusat seperti Bansos, BLT dan lainya, jadi kalau ada pejabat yang mau main-main tanggung sendiri akibatnya," tegasnya.

Selain peluncuran BLT DD, acara dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan bagi warga berupa paket Sembako sebanyak 40 ribu paket yang turut diserahkan secara simbolis oleh anggota forum koordinasi pimpinan Daerah (Forkopimda) yang setelah acara langsung didistribusikan ke sejumlah Daerah di Konsel dengan menggunakan belasan armada truk dan kendaraan Dinas sebagai media untuk penyaluran bantuan tersebut.

( H e n d r a)