Bupati Takalar Tinjau Perumahan Nelayan Kurang Mampu

388

SULSELBERITA.COM. Takalar - "Dengan adanya perumahan nelayan ini agar para nelayan bisa mandiri, tidak lagi berfikir membangun rumah. Jadi uang yang mereka miliki untuk membangun rumah bisa ditabung saja untuk membiaya hidup sehari-hari atau menambah aset lain seperti menambah empang baru." Harap Bupati Takalar H.

Syamsari,S.Pt.MM. saat meninjau langsung perumahan khusus nelayan kurang mampu yang berlokasi di dusun Papanambea desa Lagaruda Kecamatan Sanrobone. Selasa (13/1/2020).

Advertisement

Lanjut dikatakan bahwa pembangunan rumah nelayan tersebut satu paket dengan program strategis Pemerintah Kabupaten untuk bedah rumah warga tidak mampu.

"Untuk tahun 2019, bukan bedah rumah lagi namun dibangunkan langsung rumah untuk nelayan tidak mampu sebanyak 25 unit yang anggarannya tergabung dari beberapa dinas. Juga ada tambahan dari kementerian sosial sebanyak 50 unit rumah yang anggaran perumahannya langsung ke rekening para nelayan miskin yang mendapatkan, BSPS sebanyak 545 Tahun anggaran 2019,  bedah rumah 43 unit ditambah bantuan dari desa."jelasnya H. Syamsari.

Sehubungan dengan hal tersebut, Bupati inovatif ini menugaskan kepada dinas sosial bersama camat untuk memantau langsung bagi penerima bantuan dari kementerian sosial meski tidak diberikan secara simbolis. Itu semua harus didata melalui dinas PU untuk mengetahui berapa yang ditanggung dan itu akan menjadi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Tahun depan BSPS 1250 dan akan ditambah perumahan di 4 titik yakni di Takalar lama, boddia, desa bontosunggu dan Tamalate. Semua lahan Pemda akan dikerjasamakan untuk bangun perumahan nelayan."imbuh Bupati inovatif tersebut.

Peninjauan tersebut turut dihadiri Plt. Dinas PU Takalar Rusdi, Kadis Sosial dan PMD Takalar serta Plt. Dirut RSUD Padjonga Dg.Ngalle.