Gunakan Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Pallangga Berhasil Damaikan Permasalahan Warganya

617

SULSELBERITA.COM. Gowa-Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Kepolisian di kewilayahan, peran tugasnya tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kewajibannya harus selalu hadir ditengah tengah masyarakat binaannya dan juga selalu membantu menyelesaikan / memecahkan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh warga binaannya.

Minggu,(24/11/2019)
Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Pallangga Polres Gowa Brigpol Basri berhasil menyelesaikan permasalahan warga binaannya dengan cara problem solving, permaslahan warga ini diawali oleh Lk. Muhammad Arfa melontarkan kata kata yang tidak pantas kepada Per. Nurlia melalui via Whasapp, sehingga Per. Nurlia keberatan atas perbuatan Muh Arfa, kejadian tersebut langsung dimonitor oleh bhabinkamtibmas.

Adapun langkah langkah yang diambil oleh bhabinkamtibmas, dalamenyelesaikan permaslahan warganya ini dengan mengajak perangkat desa, serta memanggil kedua belah pihak sertan pihak keluarga yang bertikai.

Di sela sela penyelesaian masalah ini Brigpol Basri memberikan nasehat dan himbaun kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa, Himbaunya.

Dengan mediasi ini, kedua belah pihak sepakat damai dan masalahnya diselesaikan secara kekeluargaan, dan pihak keluarga kedua belah pihak ikut menyetujui dan berterima kasih kepada bhabinkamtibmasnya Brigpol Basri. diakhir mediasi ini Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak dan saling meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi.

Ditemui diruangan kerjanya Kapolsek Pallangga Akp Hendra Suyanto, S.Sos membenarkan adanya penyelesain masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan bhabinkamtibmas, adapun kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus kasus ringan saja, Problem solving ini juga bertujuan agar permaslahan warga tidak meluas, sehingga dapat menimbulkan konflik sosial, Jelas Kapolsek.

HMS/ILHAM