Buktikan Janji Kampanyenya, Bupati Takalar Bagikan Bantuan Sapi 1 Ekor Satu KK

0
170

SULSELBERITA.COM. Takalar - Bupati Takalar H.Syamsari Kitta, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Takalar, hari ini mulai menyalurkan bantuan sapi, yakni satu ekor  satu Kepala Keluarga (KK). Senin, (9/9/2019).

Sebagaimana diketahui, salah satu janji kampanye pasangan SK-HD saat pilkada tahun 2017 yang dimenangkannya melawan pasangan petahana tersebut, adalah bantuan sapi satu ekor satu KK, dan hal tersebut kini tertuang dalam Program P22.

Pembagian bantuan sapi ini berlangsung dihalaman kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kab.Takalar, yang dihadiri oleh ratusan warga dan kelompok tani yang antusias menyambut pembagian sapi tersebut.

Pembagian tahap pertama ini, yakni sebanyak 125 ekor sapi yang diberikan kepada 25 kelompok ternak penerima, dimana tahun ini pihak pemda Takalar menargetkan sebanyak 2.500 ekor sapi akan di salurkan kepada masyarakat yang memenuhi kriteria.

Baca Juga  Tahun 2020, Takalar Keciprat Investasi Senilai 200 Trilyun

Kepada awak media, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Takalar, H Muh Hasbi,  mengatakan,
“Alhamdulillah, hari ini launching sebagai tanda dimulainya pembagian bantuan sapi dan melalui alokasi anggaran ABPD dan APBDes tahun ini diperkirakan akan dibagikan sapi 2.500 ekor, kemudian metode pembagian tetap sesuai janji politik Pak Bupati dan Wakil Bupati, yaitu satu sapi satu KK petani yang bersyarat menerima bantuan yang berhimpun menjadi satu kelompok ternak,” urainya.

Lanjut fiungkapkan Muh.Hasbi, "Sesuai dengan surat Edaran Menteri Pertanian,  seluruh kelompok tani diberikan secara berkelompok, kemudian untuk tahun ini diupayakan sebaran pemberian bantuan dimaksimalkan untuk seluruh desa, meskipun belum bisa mengcover seluruh petani untuk sekaligus dituntaskan tahun ini.
“Insya Allah, dengan strategi bergulir, untuk anakan pertama tahun ini, maka ini akan mengefisienkan APBD kita. Jadi modelnya kami akan memberikan hak istimewa kepada peternak agar tidak bermasalah lagi seperti dulu-dulu. Pengadaan sapi kali ini adalah sapi yang sudah pernah melahirkan,” jelasnya.

Baca Juga  Peringati Hari Ulang Tahun Ke-50, Wakil Ketua Komisi I DPRD Takalar, Gelar Doa Dan Dzikir Bersama Warga Galesong

“Perlu kami tekankan kepada peternak agar tidak bermain main dengan bantuan sapi ini, karena bantuan ini jelas tertuang dalam bentuk kerjasama dan tertuang dalam bentuk perjanjian diatas materai. Jika peternak atau penerima tidak siap, maka silahkan mundur dari awal,” tambahnya.
Sementara, Bupati Takalar H Syamsari Kitta pada kesempatan ini, sedikit mengulas pembagian sapi ini telah dimulai sejak tahun 2018 lalu, baik penganggaran melalui APBD Takalar maupun dana desa.

“Saat ini, kami sudah lama jalan ke desa-desa untuk menyaksikan pembagian sapi melalui anggaran desa. Oleh karena itu, saya berharap kepada semua masyarakat Takalar. Ayo kita sama-sama membangun daerah kita menuju daerah yang unggul dan maju,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here