Hari Ketiga Peserta Bimbingan Manasik Haji Tetap Antusias

339

SULSELBERITA.COM. Sinjai Timur -  (Inmas Sinjai) Bimbingan Manasik haji hari ke 3 (Tiga) masih diikuti oleh para calon jamaah haji Asal Kecamatan Sinjai Timur,Sinjai Tengah,Sinjai Barat,Bukupoddo dan Pukau Sembilan  dengan antusias. Hal ini ditandai dengan presensi yang hadir masih sama seperti hari pertama.

Adapun pemateri yang disampaikan pada calon jamaah haji di hari ke 3 (Tiga)
Adalah Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Sinjai  H.Roslan S.Ag.M.Pd.I didampingi Kepala KUA Kec.Sinjai Tengah  Drs Hizbullah  membawakan Bimbingan Manasik kepada para calon Jamaah Haji bertempat di Aula  Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec Sinjai Timur.Sabtu(22/6/2019).Pagi

H.Roslan diawal materinya melakukan pemutaran vidio seputar manasik haji dan penjelasan  permaslahan Haji dengan tujuan agar jamaah haji untuk mengetahui kondisi rill  perjalan haji di tanah air dan  arab saudi serta penjelasan permasahan yang sering di hadapi jamaah di tanah suci nanti nya.

Beliu juga memaparkan dalam materinya tentang bimbingan manasih Haji dan Umrah agar para jamaah mengetaui tata cara pelaksanaan Haji dan Umrah di tanah suci tentang Hukum dan Ketentuan Manasik haji Tata cara pelaksanaan Umrah Tata Cara Pelaksanaan Haji Tamattu,Ifrad dan Qiran,

Lebih jauh Kasubag TU mengatakan bahwa Manasik Haji merupakan sebuah pelatihan tentang pelaksanaan Ibadah Haji secara menyeluruh yang wajib diikuti oleh calon jamaah.

“Manasik Haji ini sangat penting sebagai bekal kita nanti ditanah suci dalam menjalankan berbagai rangkaian Ibadah Haji,” .

Selain itu Ia juga mengatakan pada proses Manasik Haji ini calon jamaah akan mempelajari bagaimana melakukan niat, termasuk rukun dan syarat sebelum melaksanakan haji, apa saja aturan pelaksanaan haji, apa saja yang tidak boleh dilanggar selama melakukan haji agar ketika pulangnya nanti dapat menjadi haji yang mabrur.Tuturnya

“Semoga dengan rangkaian kegiatan manasik haji yang dilaksanakan ini dapat memberikan pengetahuan bagi seluruh jamaah haji khususnya di Tiga Kecamatan digabung dalam satu kegiatan Bimbingan Manasik Haji terdiri dari Kec.Sinjai Timur  26 orang, Kec.Sinjai Barat  22 orang,Kec Sinjai Tengah 10 orang,Kec Bulupoddo 19 Orang,Dan Pulau Sembilan 5 Orang di Tambah Mutasi 2 Orang Asal Kota Palopo yang bergabung dalam Kecamatan Sinjai Timur Sehingga Jumlah Total Keseluruhan 84 Orang Jamaah sehingga nantinya dapat menjadikan haji yang mabrur,” harapnya. (Fhay)