Gandeng Ford Foundation, Yapensa Sukses Bangun “Kampong Kopi Bawakaraeng”

645

SULSELBERITA.COM. Gowa - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah baru saja meresmikan "Kampong Kopi Bawakaraeng", yang berlokasi di Bilayya Kec.Pattallaang Kab.Gowa pada hari Kamis, (20/6/2019).

Pada peresmian tersebut, dihadiri oleh ratusan petani kopi perwakilan dari 5 Kabupaten penghasil kopi bagian selatan Sulsel, seperti Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, dan Gowa.

Kampong Kopi Bawakaraeng yang berdiri diatas lahan kurang lebih 2 Hektar tersebut, merupakan sebuah kesuksesan besar yang tak lepas dari dukungan banyak pihak kepada Yapensa Global Mandiri, terutama pihak Ford Foundation dan pihak pemerintah.

Khusus untuk Kabupaten Gowa saja, Yapensa telah berhasil.membina 250 orang petani kopi di kecamatan Tinggimoncong dan Tompobulu, hal ini tentunya bukanlah perkara muda, karena karakter dan cara berpikir para petani tersebut harus di rubah agar mereka bisa menjadi petani kopi yang sukses.

Program Officer (PO) Ford Foundation Rafiuddin Palinrungi dihadapan para tamu undangan dalam peresmian Kampong Kopi Bawakaraeng tersebut, mengungkapkan keseriusan dan dukungannya terhadap program Yapensa dalam memberdayakan para petani kopi agar lebih sejahtera kedepannya.

"Kami sangat serius membantu dan bekerjasama dengan Yapensa, karena program pendampingan dan pemberdayaan masyarakat petani kopi ini, adalah program yang benar benar langsung menyentuh masyarakat, yang tentunya bertujuan agar kesejahteraan petani kopi bisa meningkat dan lebih baik lagi". Ujarnya. Kamis (20/6/2019).

Sementara itu Dr Zainuddin Toyib yang merupakan program leader di Yapensa Global Mandiri mengatakan, "Pembangunan kampung kopi masih banyak kekurangan, terutama sarana dan prasana yang masih kurang memadai, terutama akses jalan". Ujarnya.

Lanjut dikatakan, "Pengembangan kopi di mulai pada tahun 2013 yang lalu,  kami pertama berkunjung ke kabupaten dibagian selatan Sulsel, kami menyadari harga kopi gelondongan 1500 perliter, ada yg tidak wajar, lalu kami memulai untuk melakukan pendampingan agar petani kopi tidak terpuruk dan bisa bangkit kembali, memang tidak mudah merubah mainset cara berpikir warga, tapi kami terus bekerja dan memfasilitasi mereka, dan alhamdulillah, hari ini bisa dilihat hasilnya, semua itu tidak lepas dari kerjasama dengan Ford Foundation". Ujarnya.

Perlu diketahui, saat ini Yapensa telah berhasil mengembangkan sebuah produk kopi yang diberi nama "Kopi Bawakaraeng", yang memiliki cita rasa tersendiri, sangat berbeda dengan produk kopi yang lain.