Terima Aspirasi Nelayan Galesong, Dinas Perikanan Takalar akan Lakukan Mediasi dengan Pemerintah Kab.Fakfak Papua

871

SULSELBERITA.COM. Takalar - Menyikapi adanya aspirasi dari ratusan nelayan Galesong yang hari ini melakukan aksi unjuk rasa di Dinas Perikanan dan Kelautan Takalar untuk memperjuangkan nasib nelayan Galesong yang mencari telur ikan terbang di Wilayah Kab.Fakfak  Propinsi Papua Barat, di tanggapi serius oleh pihak pemerintah melalui kepala bidang Pengelolaan usaha perikanan dan TPI, H.Muh.Yusuf. (Senin, (22/4/2019).

Menurut Muh.Yusuf, jauh hari sebelum nelayan Galesong datang menyampaikan aspirasinya, dirinya bersama salah seorang perwakilan nelayan Galesong yang bernama Rasul Dg Sarrang, sudah beeangkat ke Fakfak untuk memperjuangkan nasib Nelayan Galesong yang di tolak masuk mencari telur ikan di wilayah perairan Fakfak.

Advertisement

"Pertama ke sana saya didampingi seorang perwakilan nelayan Galesong, tapi waktu itu, kami hanya ketemu dengan kepala bidang tangkap, karena kepala Dinas Perimanan Fakfak tidak ada karena ada tugas di Sorong, jadi kami membangun komunikasi dengan kepala bidang, namun beliau tidak bisa ambil keputusan, dia lempar ke kepala Dinasnya". Jelas Muh.Yususf.

Lanjut di jelaskan, "Saya tadi juga telah mendampingi pihak nelayan, ke Cabang Dinas Propinsi di Barombong, dan hasilnya kepala Cabang Dinas Andi siap memberi surat tanda keterangan ANDON (STK), jadi nelayan Galesong sudah bisa berlayar mencari ikan di wilayah perairan propinsi Papua Barat, sisa kami akan coba kembali mempasilitasi bagaimana pemerintah Fakfak bisa memberikan ijin mendarat di wilayah Fakfak". Jelasnya lagi.

Lebih jauh di jelaskan lagi, "Jadi intinya dalam waktu dekat ini, kami dari Dinas Perikanan Takalar merencanakan jadwal kunjungan untuk bertemu kembali dengan pemerintah kab.Fakfak, membahas masalah ini". Tutup Muh.Yusuf.

Perlu diketahui, ratusan masyarakat nelayan galesong melakukan aksi unjum rasa, terkait  tidak adanya surat ijin dari Fak-Fak untuk melaut mencari telur ikan terbang diwilayah diperairan Fak-Fak.