Ribuan Massa Kementerian Agama Sulsel Banjiri Lapangan Karebosi

469

SULSELBERITA.COM. Makassar - Puluhan Ribu Aparatur Kementerian Agama Se-Sulsel banjiri lapangan Karebosi,Kedatangan mereka hari ini (Minggu, 6 Januari 2019) untuk menghadiri acara Gerak Jalan Kerukunan (GJK) dalam Rangka merayakan Hari Jadi Kementerian Agama yang ke 73 yang dikenal dengan Hari Amal Bakti (HAB).

Gerak Jalan Kerukunan tingkat Propinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu diantara sejumlah rangkaian kegiatan HAB ke 73 di Prov. Sulsel, dimana pada tanggal 2 Januari 2019 lalu dilaksanakan Ziaran Ke Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar, dilanjutkan dengan Anjangsana ke sejumlah Panti Asuhan, lalu pelaksanaan Upacara Peringatan pada tanggal 3 Januari 2019 di Kantor Gubernur, dan akan ditutp nantinya dengan Ramah Tamah di Asrama Haji Sudiang Makassar pada tanggal 7 Januari 2019.

Advertisement

Melihat Antusiasme Peserta GJK, diperkirakan Jumlah peserta yang hadir sekitar 40 ribuan. Hal ini melebihi ekpektasi yang telah direncanakan sebelumnya, olehnya itu selaku Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel saya haturkan terima kasih atas attensi dan kehadiranta semua, ini membuktikan bahwa Warga Kementerian Agama di Sulsel Solid dan Bersatu, olehnya itu mari jaga kebersamaan ini seterusnya, Papar H. Anwar Abubakar selaku Kakanwil saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel H. M. Roem dalam testimoninya sebelum melepas secara resmi peserta GJK Kemenag Sulsel menyampaikan kekagumannya kepada Kementerian Agama. Menurut Beliau Kementerian Agama yang sudah berusia 73 tahun ini sudah memperlihatkan pengabdian dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini, khususnya dalam pembangunan di bidang Keagamaan, dan khusus di Sulsel kita semua merasakan hasilnya, semoga Kementerian Agama khususnya di Sulsel bisa lebih baik lagi kedepan, dan Hari ini kita apresiasikan kegembiraan kita atas ulang tahun kemenag, Ucapnya.

Sebelumnya Ketua Panitai HAB ke 73 Tingkat Prov. Sulsel H. Kaswad Sartono menyebutkan bahwa seperti GJK sebelumnya, disamping mengundang seluruh Aparatur kemenag se-Sulsel, panitia juga melibatkan Para Wali-wali Agama se Sulsel, Ormas Lintas Agama, dan seluruh mitra Kerja dan Kolega Kementerian Agama, hal ini untuk menegaskan bahwa Kerukunan antar umat beragama di Sulsel terjalin sangat baik sebagaimana tema besar yang diusung pada HAB ke 73 tahun ini yaitu Jaga Kebersamaan Umat.

GJK ini mengambil Rute Lapangan Karebosi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Karunrung, Jalan Ahmad Yani mutar sampai Lapangan Karebosi kembali. Panitia sudah menyiapkan sejumlah Doorprize diantaranya 2 Paket Umrah, Kendaraan Bermotor, Sepeda, Barang Elektronik, dan sejumlah hadiah lainnya termasuk Uang Tunai, Tambah Kaswad.

Sejumlah petinggi dan Pejabat tampak hadir di podium Utama dan ikut Gerak Jalan Kerukunan bersama Peserta yang sudah menyemut sejak pagi diantaranya Ketua DPRD Sulsel H. M. Roem, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Ibu Ketua PKK Prov. Sulsel, Karo Kesra Pemprov Sulsel, Para Kakankemenag Kab. Kota se-Sulsel, Perwakilan dari Wali Agama dan Ormas Keagamaan dan Pengurus DWP Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.

Yang unik dari Gerak Jalan Kerukunan Kemenag Sulsel tahun ini adalah seluruh peserta disuguhi sejumlah atraksi diantaranya Senam satu Dunia satu Keluarga, Persembahan Tari Barongsai dari Matakin (Khonghuchu) dan Klenteng Xian Ma, serta Musik Patrol dari Santri Ponpes Assalman Allekkuang Sidrap serta Orkes Gambus Shautul Islam. (D,tola/wrd).