Ternyata Penyakit Bawaan yang Memicu Gizi Buruk Pada Balita di Marbo ini

0
238

SULSELBERITA.COM. Takalar - Sebagaimana yang diberitakan media ini dan beberapa media lainnya, terkait seorang balita perempuan bernama Rara (1 thn)  di Desa Laikang Kec.Marbo yang di duga menderita gizi buruk, ditanggapi sangat serius oleh pihak Pemkab Takalar melalui Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Takalar, dr.Nilal Fauziah, kepada awak media ini menjelaskan bagaimana kondisi yang sesungguhnya Balita Rara sehingga mengalami gizi buruk. menurut penjelasan kepala dinas kesehatan bahwa bayi tersebut telah mendapatkan penanganan dari petugas gizi puskesmas pattopakang.

"Setelah dilakukan penelusuran terhadap bayi yang diduga menderita gizi buruk di dusun Bodia Desa Laikang Kec.Marbo bayi tersebut, ternyata telah mendapatkan penanganan dari petugas gizi puskesmas pattopakang berupa pemberian MP ASI dan juga PMT makanan tambahan, hanya saja bayi tersebut memang menderita penyakit conggenital bawaan sejak lahir dimana ada kelemahan pada beberapa bagian ototnya termasuk otot leher sehingga kepala bayi tidak bisa tegak". Jelas Nilal.

Baca Juga  Berlangsung Sengit, Musyawarah Besar Karang Taruna Desa Laikang Akhirnya Hasilkan Putusan

"Pihak puskesmas Patopakang sudah pernah merujuk ke RS HPDN Takalar, dan pada waktu itu dirujuk oleh pihak RS untuk dibawa ke Rs wahidin, namun karena terkendala tidak memiliki JKN maka penanganan lanjutan belum terlaksana, kami sudah meminta kepada kepala Puskesmas Patopakang untuk membantu ananda Rara untuk medapatkan JKN melalui dinas sosial, semoga ananda segera bisa mendapatkan kartu JKN sehingga dapat segera di rujuk ke RS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap".tutup Nilal Fauziah (Sabtu, 22/9/2018).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here