Hari Palang Merah, Djaya Jumain: Tumbuhkan Semangat Peduli Sesama

0
241
Advertisement

SULSELBERITA.COM. MAKASSAR - Ketua Umum Pengurus Pusat Generasi Muda Nusantara Anti Narkotika (Genetika) Djaya Jumain mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kepedulian pada sesama sebagi bagian dari semangat peringatan Hari Palang Merah Indonesia yang ke 73.

"Masih banyak tetangga atau orang di sekeliling kita yang membutuhkan uluran tangan, butuh bantuan. Mari kita lebih peduli dan tidak menutup mata. Setiap saat sedia membuka tangan mengulurkan bantuan," terang Djaya Jumain di Makassar, Senin (17/9/2018).

Peringatan Hari Palang Merah Indonesia menurut Djaya Jumain, selain dilalui dengan melakukan donor darah juga menjadi momentum untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang telah dilakukan.

"Memberdayakan masyarakat kecil, membantu di bidang kesehatan melalui penyuluhan hingga memfasilitasi ke lembaga kesehatan, juga merupakan bagian dari komitmen kemanusiaan yang diusung oleh Palang Merah Indonesia. Jadi inti dari peringatan ini adalah langkah untuk manusiakan manusia," jelas politisi muda Partai Gerindra ini.

Baca Juga  Pemdes Laikang Mediasi Kisruh Antara Warga dan Pengusaha Tambak

Diketahui berdasarkan semangat pendiriannya, PMI berkomitmen terhadap kemanusiaan seperti Strategi 2010 berisi tentang memperbaiki hajat hidup masyarakat rentan melalui promosi prinsip nilai kemanusiaan, penanggulangan bencana, kesiapsiagaan penanggulangan bencana, kesehatan dan perawatan di masyarakat.

Hal ini juga sejalan dengan Deklarasi Hanoi (United for Action) berisi penanganan program pada isu-isu penanggulangan bencana, penanggulangan wabah penyakit, remaja dan manula, kemitraan dengan pemerintah, organisasi dan manajemen kapasitas sumber daya serta humas dan promosi.

"Selamat Hari Palang Merah Indonesia (PMI), mari gelorakan sangat untuk selalu peduli pada orang lain, peduli pada penderitaan orang lain sehingga keberadaan sebagai manusia lebih bermanfaat," pungkas Djaya Jumain yang juga Ketua Lembaga Perlindungan Hak-hak Sipil (LPHS) Makassar ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here