Ribuan Warga Padati Hari Pertama PKM 2018 di Benteng Rotterdam

297

SULSELBERITA.COM. Makassar - Event terbesar komunitas se-Makassar, Pesta Komunitas Makassar (PKM) 2018 telah dimulai tepat pada Sabtu, 25 Agustus 2018 di Benteng Rotterdam, Jl Ujung Pandang Makassar.

Sejak pagi hingga malam tercatat sekitar 6.000 pengunjung memadati area PKM 2018. Hal ini menandakan tingginya antusias warga Makassar terhadap event terbesar komunitas di Makassar ini.

Advertisement

Ajang ini dimeriahkan oleh 353 komunitas dari berbagai latar belakang yang mengisi sekitar 120 Booth dan Space. Selain komunitas, 58 talent, 23 UKM kreatif, dan dua komunitas dari luar Makassar yakni Kendari dan Ternate juga turut berpartisipasi.

Beragam rangkaian acara seperti Community Fair, UKM Expo, Bincang Kreatif, Panggung Komunitas, Donor Darah, Pasar kenangan, Galeri Foto dan Video Komunitas, Deklarasi MCCN, serta Penampilan Guest Star digelar di ajang PKM 2018.

Talkshow Makassar Creative Community Network (MCCN) yang dimulai pukul 15.50-17.30 Wita menghadirikan pembicara Iksan Bangsawan selaku UKM Kreatif, Nunu sebagai Founder The Floating School, dan Arief S. Pramono selaku perwakilan MCCN.

Talkshow ini diikuti ratusan peserta dan menarik perhatian para pengunjung karena materi yang dibawakan sangat bermanfaat untuk diterapkan bagi para pegiat komunitas.

PKM tahun ini juga akan dihibur oleh penampilan bintang tamu, Natinson, Ska with klasik dan Tabasco.

Pada malam harinya, Pesta Komunitas Makassar 2018 resmi dibuka dengan Opening Ceremony dan parade bendera komunitas serta dilanjutkan penampilan dari Capoeira Makassar, Teatrikal puisi oleh Pecandu Aksara berkolaborasi dengan Aksara Merdeka dan dihibur oleh Stand Up Indo Gowa.

Selain itu, ada aksi heroik dari komunitas magician, Dark Art Entertainment dan selanjutnya ditutup oleh penampilan bintang tamu, Natinson.

Ketua panitia PKM 2018, Norman Masmur menyampaikan sekitar 6.000 pengunjung memadati Benteng Rotterdam di hari pertama PKM 2018. Hal ini kata Norman, merupakan bukti dari kesuksesan PKM yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

"Dalam dua hari pelaksanaa kami dari panita menargetkan 10.000 pengunjung dan di hari pertama kami sangat puas dengan antusias serta jumlah pengunjung yang meningkat dari tahun sebelumnya, semoga pada hari kedua besok lebih banyak pengunjung lagi," ujar Norman.

Sedangkan menurut Koordinator Divisi Acara, Ramli, mengatakan bahwa di hari pertama PKM 2018 merasa bangga karena mendapat apresiasi dari masyarakat banyak, dan berharap PKM 2018 ini berjalan sukses dan diakui oleh masyarakat luas.

Untuk pengunjung yang ingin datang di Pesta Komunitas Makassar, Sabtu-Minggu, 25-26 Agustus 2018, Open Gate dimulai pada pukul 14.00-22.10 Wita.

Informasi lengkap seputar Pesta Komunitas Makassar juga bisa dilihat lewat akun Instagram : @komunitasmks, Twitter : @KomunitasMks, Facebook : Pesta Komunitas Makassar, Line : @ubq8107q (pakai ‘@’).

Citizen Report : Muhammad Arif Budiman (Panitia Humas PKM 2018)