Warga Berharap Program Sertifikat Tanah Gratis Dilanjutkan

361

Masyarakat Berharap Program Pembagian Sertifikat Tanah Gratis Dilanjutka

GOWA -- Program pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat kecil yang memiliki keterbatasan untuk mendapatkan sertifikat atas tanah yang dimiliki.

Pada tahun 2017 pemerintah telah menerbitkan lima juta sertifikat tanah, sedangkan untuk tahun 2018 pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/ Badan Pertanahan Nasional) menargetkan sebanyak tujuh juta sertifikat tanah gratis.

Februari 2018 lalu, Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Takalar dalam rangka penyerahan langsung sertifikat tanah yang terdiri dari Kota Makassar 50 sertifikat, Kabupaten Gowa 650 sertifikat, Takalar 1.500 sertifikat, Bantaeng 1.000 sertifikat, Bulukumba 1.000 sertifikat, dan Jeneponto 800 sertifikat.

Salah satu penerima sertifikat tanah gratis asal Kabupaten Gowa, Muliati Daeng Tia mengaku sangat senang menerima pembagian sertifikat gratis tersebut karena selain memiliki kekuatan hukum atas lahan yang dimiliki, juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain dalam rangka menunjang kehidupan masyarakat menengah kebawah.

Baca Juga  Mahasiswa KKPH FKH-UMI Lakukan Penyuluhan Hukum di SMA 6 Makassar

"Sangat senang sekali dan bersyukur mendapatkan sertifikat tanah gratis dari Bapak Presiden," katanya, Rabu 4 April.

Sebagai masyarakat, mereka sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah khususnya kepada Presiden Jokowi yang telah membagikan  sertifikat secara gratis. Dengan harapan program positif seperti ini terus dilanjutkan agar masyarakat Indonesia dapat memiliki sertifikat sebagai kekuatan hukum atas lahan yang dimiliki.

"Sehingga sekaligus dapat mengurangi kasus sengketa lahan yang seringkali berujung konflik. Harapan semoga program pembagian sertifikat tanah gratis dapat dilanjutkan hingga semua masyarakat dapat memperoleh sertifikat tanah," harapnya.

Mewakili masyarakat Sulsel yang telah menerima sertifikat, Muliati juga mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya. "Di Desa Sokolia terdapat 80 orang masyarakat yang mendapat sertifikat tanah gratis dari pemerintah," terangnya.(san)

Baca Juga  Cegah Covid 19, Bhabinkamtibmas Maradekaya Sosialisasikan Protokol Kesehatan
Advertisement
BAGIKAN