Layanan Digitalisasi Pemesanan Tiket Online, Resmi Diberlakukan di Pintu Pelabuhan Bira-Pamatata

27

SULSELBERITA.COM. Selayar - Reservasi pemesanan ticket online berbasis website direncanakan akan mulai diberlakukan secara efektif oleh PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesian Ferry (Persero) Cabang Selayar, terhitung mulai pertanggal 18 Juli 2024.

Dengan diberlakukannya reservasi pemesanan ticket online, maka PT. ASDP Indonesian Ferry (Persero) Cabang Selayar tidak lagi akan melayani pemesanan ticket secara off line (manual).

Advertisement

Kepala UPT. Pelabuhan Pamatata, Syamsul Qadri menandaskan, penerapan reservasi pemesanan ticket online diberlakukan untuk menghindari penumpang 'siluman' yang tidak tercatat pada lembaran manifest kapal.

Masyarakat dan pengguna jasa yang akan melakukan pemesanan ticket online bisa mengakses website : http//trip.ferizy.com/
Pesan tiket kapal ferry mudah, aman, dan cepat.

Layanan pemesanan ticket online akan ditutup pada angka 400 orang, berdasarkan pada kapasitas kapal.

Syamsul Qadri berharap penerapan layanan pemesanan ticket online akan menjadi solusi dan jawaban terhadap keluhan pelayanan yang selama ini banyak disampaikan oleh pengguna jasa, terutama untuk mengurai antrian penumpang, pengemudi kendaraan pribadi, dan angkutan umum.

Terpisah bagian supervisi PT. ASDP Indonesian Ferry (Persero) Pelabuhan Bira Gufron menyebut, layanan digitalisasi pemesanan tiket online sebelumnya telah diterapkan di Pelabuhan Bajoe dan Labuang Bajo.

Layananan digitalisasi tiket online di kedua pintu pelabuhan tersebut diungkap Gufron belum cukup setahun diberlakukan.

Meski begitu, sistem pemesanan tiket online tetap berjalan efekfif dan sama sekali tidak menemui kendala yang berarti.

Layanan ini diberlakukan PT. ASDP Indonesian Ferry (Persero) Cabang Selayar dalam rangka untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan pengguna jasa untuk bisa melakukan transaksi pembayaran tiket secara online kapan dan di mana saja tanpa harus berjubel menunggu antrian di loket pemesanan tiket pelabuhan.

Pengguna jasa yang telah melakukan transaksi pembayaran akan menerima e-tiket secara real time dan saat akan berangkat, tinggal menunjukkan tiket kepada petugas yang distand bykan di portal pintu pelabuhan.

Usai menunjukkan tiket, pengguna jasa bisa langsung check in berdasarkan time schedulle keberangkatan yang telah ditentukan.

Setelah layanan digitalisasi pemesanan tiket online berjalan efektif di Pintu Pelabuhan Bira-Pamatata, layanan serupa akan diberlakukan secara bertahap di area Pelabuhan Pattumbukang, Jampea, Kayuadi, Bonerate, dan Pelabuhan Kawau Pasilambena, tandas Gufron, saat dikonfirmasi wartawan via sambungan saluran telefon selular, Kamis, (4/7/2024) malam. (Fadly Syarif)