Biografi Andi Muh. Gunawan Dg Raja, Punya Jejak Panjang Sebagai ASN yang Juga Mantan Aktivis

265

SULSELBERITA.COM. Takalar - BIOGRAFI, ANDI MUH. GUNAWAN DG.RAJA , punya jejak panjang sebagai ASN yang juga pernah menjadi aktivis disejumlah OKP Pemuda dan LSM.

Lelaki asal Palleko Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan ini bertekad mengabdikan dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi Pamong Sejati Pelayan Masyarakat di Butta Panrannuang ini seperti jejak yang ditinggal kan oleh Orang tuanya ANDI HASAN BASRI yang telah mengukir Sejarah dan mengabdikan diri Seumur Hidupnya selama Lebih Kurang 40 Tahun sebagai ASN di Kabupaten Takalar .

Advertisement

Wawan atau Gun , begitu sapaan akrabnya, Ia mengawali karier sebagai Tenaga Suka Rela di BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) , sejak tahun 2002 .

Ketika itu, dia baru menyelesaikan S1 nya di UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR (UNM). Selanjutnya banyak membantu Program program BAPPEDA yang bekerjasama dengan UNICEF seperti Program MBS (MANAGEMEN BERBASIS SEKOLAH) , SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (SIPBM) dan WATER EINVIROTMENT SANIITATION (WES) serta beberapa Program lainnya.

Ketika terjadi Bencana Tsunami di Aceh Nangroe Darussalam (NAD) tahun 2004, dia juga ikut sebagai RELAWAN I’NGO di PLAN INTERNATIONAL membantu Program Pemulihan Pasca Bencana Tsunami di Kabupaten ACEH BESAR.

Pada Tahun 2006, A.GUNAWAN resmi mendapatkan NIP dan Lulus sebagai ASN dan ditempatkan di BAPPEDA tempatnya mengabdi selama ini dan ditempatkan di Bidang Sosial Budaya (SOSBUD).

Pengalamannya sebagai Aktifis di LSM LEMBARA (LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT) sebelum menjadi ASN adalah Modal Dasar bekerja di Instansi Perencana ini, dari keaktifannya di LSM sebagai Ketua Bidang Advokasi , bahkan di KNPI, Gunawan pernah memimpin Lembaga ini sebagai Ketua Umum KNPI Kec. Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar, sejak tahun 2008.

Ia juga merupakan Pengurus DEWAN KERJA DAERAH (DKD) GERAKAN PRAMUKA SULSEL periode 2001-2006.
Pria yang biasa disapa Daeng Raja ini, memang memiliki jiwa kepemimpinan yang menonjol dan merupakan sosok Pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai Kejujuran , Kesederhanaan serta Siri’ na pacce, yang dengan empatinya itu ia mengorganisasikan tanggung jawabnya dengan penuh kasih sayang dan Kesahajaan.

Nilai-nilai Kepemimpinan yang dimilikinya mengantar Ia menduduki Pengurus Inti dibeberapa Organisasi baik Organisasi Kepemudaan Maupun Organisasi Keagamaan .

Ia tercatat aktif diberbagai Organisasi seperti IKATAN REMAJA MUHAMMADIYAH (IRM) , BKPRMI , BAZNAS , Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) , GEMA KOSGORO , KNPI ,HIPERMATA , GERAKAN PRAMUKA dan banyak lagi Organisasi yang pernah dimasukinya.

Gunawan selain terkenal berintegritas, Supel dan Senang Bergaul , serta penuh semangat dan tegas. Kapasitas yang dimilikinya itu terbentuk sejak dia masik kanak-kanak. Sejak TK hingga Sekolah Dasar (SD), dia telah diuji dengan berpindah pindah mengikuti orang Tuanya yang melanjutkan Pendidikan.

Tercatat Ia 5 kali berpindah-pindah mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) mulai dari TK di Jakarta kemudian Pindah ke Makassar selanjutnya Pindah Ke Malewang Kec.POLUT Takalar kemudian pindah lagi ke Pattalassang dan kembali lagi ke Palleko Kec.Polombangkeng Utara saat Orang tuanya menjabat sebagai CAMAT Polombangkeng Utara (POLUT) selama 10 tahun.

Wawan selain pernah menjadi Ketua KNPI POLUT saat masih duduk di Bangku SMP dan SMA tercatat selalu menjadi Ketua Kelas dan Ketua OSIS di Sekolahnya. Dia juga pernah didaulat menjadi Ketua Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) Polut tahun 1998, di bawah pembinaan langsung KH.Abdul Malik Gassing Tokoh Muhammadiyah Takalar saat itu.

Dedikasinya dalam menyuarakan Hak-hak Anak di Takalar berlanjut. Bersama teman-temannya dia ikut mendirikan LEMBARA (LEMBAGA PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TAKALAR).

Di Kabupaten Takalar Ia juga menjadi Pembina Komunitas Anak pada FORUM INTERAKSI ANAK TAKALAR (FIAT) yang Cabangnya tersebar di 15 Dewan Anak binaan Plan International Program Unit Takalar. Hampir seluruh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Kabupaten Takalar tergabung di dalamnya. Dan Salah satu Kisah Sukses yang menjadi sejarah yaitu ketika mereka berhasil mengadvokasi dan memberikan Akta Kelahiran Gratis kepada 1000 an Anak Se Kab.Takalar.

Program ini merupakan Cikal bakal lahirnya Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Takalar Nomor 20 Tahun 2008 tentang Perlindungan Anak dan Sekolah Ramah Anak (SRA) di Takalar yang di Inisiasi Oleh beberapa NGO dan I’NGO serta di Dukung Oleh UNICEF bersama Pemerintah Kab Takalar.

Dalam Posisinya sebagai Pendamping Anak Takalar, Gunawan juga pernah dipercayakan Sebagai Vocal Point LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) SULSEL Di Kabupaten Takalar. Lembaga yang Pernah Diketuai Oleh Prof.DR. MANSYUR RAMLI dan FADIAH MAHMUD ini banyak membantu Pemda Kabupaten Takalar dalam memberikan layanan public khususnya kepada Anak anak yang berkebutuhan khusus. Salah satu di antaranya adalah terkait Pemenuhan Hak Identitas Anak berupa Pemberian AKTE KELAHIRAN GRATIS dan Pengentasan Pekerja Anak khususnya di daerah Pesisir Galesong bekerja sama dengan ILO (International Labour Oraganisation).
Andi Gunawan dikenal Konsisten , Loyal dan Berdedikasi pada apa yang menjadi idealismenya, terutama dalam pemperjuangkan hak-hak perempuan, anak dan lingkungan.

Karena Dedikasihnya yang Tinggi ia pernah Dianugerahi Penghargaan SATYALENCANA 10 TAHUN dan PENGHARGAAN PANCAWARSA II dan III dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka SULSEL yang dipimpin oleh Prof.DR.H.SYAHRUL YASIN LIMPO,SH,MH sebagai Ka KWARDA SULSEL

Gunawan beruntung pernah menimba ilmu dari banyak tokoh-tokoh Penting seperti Bapak PURWANTA ISKANDAR CFO UNICEF SULSEL , Praktisi Hukum dan Adat Prof.DR.AMINUDDIN SALLE,SH,MH , Prof.DR.FARIDA PATTITINGI, SH,MH., Tokoh tokoh LSM Seperti Andi Yudha Yunus , Mulyadi Prayitno , Tokoh Gerakan Perempuan Alm. Zohra Andi Baso, Rusdin Tompo dan sejumlah Aktifis lainnya.
ANDI GUNAWAN merupakan salah satu Tokoh Muda butta panrannuang yang telah memiliki karya dan rekam jejak hingga tingkat nasional.

Dia merupakan sosok Pemuda pemberani dan punya prinsip yang kuat. Dia banyak memberikan Inspirasi bagi Pemuda dan warga di Butta Panrannuangta Kabupaten Takalar.

Dari profil singkat yang diulas dalam tulisan sederhana ini, terlihat jelas komitmen, konsistensi, dedikasi dan integritas Tokoh Aktivis ini, yang tentu tidak perlu diragukan lagi Integritasnya.