Ketua Bawaslu Takalar Resmi Lantik 30 Panwascam

63

SULSELBERITA.COM. Takalar -  Pelantikan dan Pembekalan Anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan serentak tahun 2024 digelar Bawaslu Takalar di Baruga Imannindori Kantor Bupati Takalar, Jum’at (24/5/2024).

30 Panwascam yang tersebar di 10 kecamatan di kabupaten Takalar dilantik dan di beri pembekalan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten.

Advertisement

Ketua Bawaslu Takalar, Nelliyati yang melantik langsung seluruh Anggota Panwascam pada pilkada serentak tahun 2024.

“Berdasarkan keputusan Bawaslu Kabupaten Takalar, bahwa melantik dan memberi tugas yang penuh rasa tanggung jawab demi suksesnya pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024, Ungkap Nellyati.

Nellyati menyampaikan bahwa, ”Kami tidak banyak melakukan evaluasi terhadap Existing, dari 30 orang yang kami Lantik hari ini, 26 Panwascam yang existing ditambah 4 orang yang baru terpilih diharapkan mengawasi Pilkada lebih berintegritas lagi, tuturnya.

Kami juga perlu menyampaikan kepada Pak Bupati Takalat, beberapa hari kedepan kami meminta sekitar 20 orang ASN untuk di tempatkan di Sekretariat panwascam, yang tersebar di 10 Kecamatan, tambahnya.

Ada beberapa yang menjadi perhatian kami, yakni Politik uang, Netralitas ASN dan TNI/Polri, yang akan menjadi pengawasan khusus bagi kami di Bawaslu Kabupaten Takalar, Tegasnya.

Di tahun 2017 Kabupaten masuk di zona merah, Alhamdulillah pemilu 2024 lalu, Kabupaten Takalar masuk di zona Hijau, tentunya wajib kita pertahankan, tambahnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulsel Andarias Djuma, mengatakan "Pelaksanaan pemilu yang aman dan damai wajib kita awasi untuk semua tingkatan, karena merupakan kewajiban lembaga untuk mengawasi pilkada serentak tahun 2024 ini.

,”Kita mampu melakukan tugas ini yang penuh tanggung jawab, khususnya di Kabupaten Takalar, penanganan tindak pidana pelanggaran pemilu, khususnya politik uang, itu wajib teman teman panwascam perhatikan pada 27 November 2024 yang akan datang, Terang Andrias Duma.

Penjabat (PJ) Bupati Takalar DR Setiawan Aswad dalam sambutannya mengatakan bahwa, ”tahun ini adalah tahun yang penuh sejarah, telah di laksanakan pemilu serentak dan sekarang kita hadapi Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati pada 27 November 2024 mendatang.

Pilkada ini lebih dinamis dan tensinya tinggi karna akan memilih Kepala Daerah yang berkualitas, yang akan menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Takalar, tutupnya.

Pelantikan diikuti juga Ketua KPU Takalar, Anggota Bawaslu Takalar, Forkopimda serta OKP mitra Bawaslu Kabupaten Takalar.

(Humas Bawaslu Kab. Takalar)