Pj. Bupati Takalar memastikan Layanan Air Minum, Sanitasi dan Persampahan semakin membaik di Kabupaten Takalar

154

SULSELBERITA.COM. Takalar - Untuk memastikan Layanan Air Minum, Sanitasi dan Persampahan semakin membaik di Kabupaten Takalar, Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev, Plg, berdiskusi dengan Tim USAID-IUWASH Tangguh bersama stakeholder Air Minum dan Air Limbah Domestik pada ruang rapat lantai 3 Kantor Bupati Takalar pada Rabu (08/05/2024).

Dalam diskusi ini disampaikan update fokus dan capaian dampingan USAID IUWASH Tangguh untuk sektor air minum dan sanitasi di Kabupaten Takalar, baik melalui Dinas PUPR, Dinas Kesehatan maupun PDAM Serta hal-hal yang akan dilakukan kedepannya baik program maupun tools yang akan digunakan.

Dalam pertemuan ini juga disampaikan mengenai rencana piloting project untuk beberapa desa di Kabupaten sebagai lokus untuk kegiatan air minum sanitasi dan persampahan, dalam pertemuan ini juga tim Usaid Iuwash menyampaikan tentang bagaimana nanti mereka akan turut mensupport kualitas dokumen perencanaan RPJPD maupun RPJMD terkhusus mengenai penajaman isu-isu dan indikator untuk sektor air minum, sanitasi dan Persampahan.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan bahwa kabupaten Takalar di Tahun 2024 ini mendapatkan support dari pemerintah pusat terkait Pembangunan tangki septik dan sarana pendukung untuk 483 KK yang berasal Inpres Air Limbah serta Pengadaan sarana prasarana pengangkutan lumpur tinja pendukung 1 unit.

Turut hadir dalam Pertemuan ini Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PUPR, Bappelitbangda dan perwakilan dari Perumda Tirta Panrannuangku (PDAM) Kab. Takalar Bersama Tim Usaid Regional Manager Rieneke Rolos, Governance Specialist Nawir Sikki, Investment Specialist, Hamzah City Facilitator IUWASH Kab. Takalar..

Pj. Bupati Takalar dalam akhir penyampaiannya berharap agar pendampingan IUWASH Tangguh di Kabupaten Takalar dengan beberapa programnya nantinya akan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat daerah.