Apresiasi Tradisi Korps Infanteri, Pangdam IX/Udayana Ingatkan Kembali Pesan Jendral Soedirman

1808

SULSELBERITA.COM. BALI - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., menyampaikan apresiasi terhadap tradisi korps Infanteri saat memimpin Upacara penyerahan simbol Infanteri dan pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2023 bertempat di Lapangan Umum Mengwi Kabupten Badung, Sabtu (16/12/2023).

Dalam sambutannya, Jendral bintang dua itu menyampaikan bahwa tradisi ini bertujuan untuk mewujudkan jiwa korsa dan kebanggaan bagi prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran serta menanamkan nilai-nilai kejuangan militansi semangat pantang menyerah, patriotisme dan keteladanan Panglima Besar jenderal Sudirman kepada generasi muda di wilayah Kodam IX/Udayana
dalam menyambut Hari Juang Infanteri ke-78

Advertisement

Selain sebagai Tradisi Korp Infanteri, Pangdam menyebutkan bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan dan kemampuan fisik perorangan maupun peleton dalam rangka meningkatkan kualitas tempur prajurit. Dengan gerak jalan yang dilakukan, bukan hanya sekedar menempuh jarak tertentu saja, melainkan terkandung tekad untuk mewujudkan profesionalisme Prajurit Infanteri.

“Saya mengingatkan kembali akan pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman bahwa kemerdekaan suatu negara yang didirikan di atas timbunan dan runtuhan ribuan jiwa dari bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh siapapun. Arti dari pesan ini adalah betapa besar dan mulianya pengorbanan yang telah diberikan oleh para perjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, guna mewujudkan Infanteri yang modern dan adaptif dengan cara meningkatkan kualitas diri untuk mampu menguasai berbagai kemajuan teknologi di bidang kemiliteran serta tetaplah berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas demi kepentingan rakyat bangsa dan negara, selaras dengan tema peringatan hari juang Infanteri ke-75 tahun 2023 yaitu “Infanteri Yang Profesional Modern Dan Dicintai Rakyat”.

Diakhir sambutannya, Pangdam menekankan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya agar selalu megutamakan faktor kemanan, memelihara ketertiban serta disiplin selama dalam perjalanan.

Adapun kegiatan Peleton Beranting ini dilaksanakan dengan berjalan kaki secara estafet selama empat hari dari tanggal 16 s/d 19 Desember 2023, menempuh jarak 234,5 Km. Tonting ini diikuti oleh seluruh satuan Infanteri yang ada di wilayah Kodam IX /Udayana, seluruh prajurit akan melintasi empat Kabupaten yaitu dimulai dari Lapangan Umum Mengwi Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng dan finish terakhir di TMPB Margarana Kabupaten Tabanan.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain : Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Kabinda Bali, Danrindam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dansat/Kabalak Kodam IX/Udy, Dansat Brimob Polda Bali, Para Dandim Jajaran Korem 163/WSA, Kapolres Badung, Kasatpol PP Kab. Badung, Ketua LVRI Prov. Bali.