Pj Bupati Takalar Serahkan Bantuan Perikanan kepada Nelayan

159

SULSELBERITA.COM. Takalar -- Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad menyerahkan bantuan paket perikanan tangkap kepada nelayan di Desa Topejawa, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Rabu (13/12/2023)

Paket bantuan perikanan ini dari Dinas Perikanan Takalar program pengadaan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) nelayan.

Advertisement

Bantuan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada masyarakat khususnya nelayan tangkap dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat nelayan.

Sebanyak 43 kelompok nelayan mendapatkan bantuan perikanan di Kabupaten Takalar dari tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Mangarabombang, Kecamatan Galesong dan Kecamatan Galesong Utara.

Bantuan yang diterima oleh 43 kelompok nelayan di tiga Kecamatan tersebut diantaranya, 20 unit Perahu Viber lengkap dengan alat tangkap, GPS dan Mesinnya,
27 Mesin jiandong, 19 Mesin Loncing, 105 Gill net dasar, 9 Fish Finder Dan 1274 Bubu kepiting.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad mengatakan bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin untuk meningkatkan hasil tangkap yang bermuara pada perbaikan dan peningkatan penghasilan dan kesejahteraan nelayan dengan memanfaatkan sumber daya perikanan
agar Hasil tangkapan nelayan bisa terjual dengan layak.

"Dan program pengadaan bantuan sarana dan prasarana nelayan ini merupakan program yang terus berkelanjutan dari dinas perikanan sehingga mampu memberi dukungan dan motivasi kepada nelayan," katanya

PJ Bupati Takalar juga menghimbau agar saat nelayan tidak melaut, kurang lebih 4 bulan dalam setahun, diharapkan untuk melakukan kegiatan lainnya misalnya, menanam cabai dan pisang yang dapat dipanen dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

"Sehingga bisa menambahkan penghasilan nelayan selama tidak melaut," pungkasnya

Kegiatan ini dihadiri, ketua DPRD Kabupaten Takalar dan Kepala dinas Perikanan Kabupaten Takalar