Kolaborasi Bermakna Demi Pelibatan Remaja yang Inklusif

85

SULSELBERITA.COM. Makassar, 24 November 2023, BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Forum Genre Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penguatan Program Ketahanan Remaja dengan tema Peran Remaja dalam Pembangunan Inklusif.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Ketua Pokja Pembinaan Ketahanan Remaja Irmawahyuni Bachtiar, S.Sos. "BKKBN merupakan lembaga yang berkewajiban untuk memberikan edukasi terhadap seluruh remaja secara merata kesemua golongan. Termasuk remaja disabilitas. Melalui kolaborasi dengan Forum Genre, BKKBN telah menciptakan sebuah inovasi media edukasi berbasis digital web yaitu KADO Remaja (KIE Audio Visual Remaja). Melalui program tersebut kami berharap ini menjadi langkah konkrit BKKBN Sulsel untuk terlibat secara inklusif menyebarluaskan edukasi kepada seluruh remaja." sebut Irmawahyuni dalam sambutannya.

Advertisement

Kegiatan ini dihadiri 100 peserta, 60 diantaranya siswa penyandang disabilitas yang terbagi atas tuna rungu dan tuna netra dan 40 lainnya berasal dari organisasi mitra kerja Forum Genre Sulawesi Selatan. Diantaranya:
-Forum Genre Kab/Kota
-Earth Hour Makassar
-Duta Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan
-Duta Pemuda Kota Makassar
-Forum Komunikasi Dara Daeng Maros
-Duta Remaja Sulawesi Selatan
-Generasi Baru Indonesia Sulawesi Selatan
-Kejar Mimpi Kota Makassar
-Komunitas Peduli Anak Jalanan Kota Makassar
-Forum Anak Sulawesi Selatan
-Pusat Layanan Disabilitas
-Pendidikan Khusus FIP UNM
-Duta Wisata Kota Makassar
-Korps
Senat Taruna Polimarim AMI Makassar

Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari bidang ilmu psikologi demi penguatan remaja dalam pembangunan inklusif yakni ibu Dr. Dian Novita Siswanti, S.Psi., M.Si., M.Psi., Psikolog dan ibu Novita Maulidya Jalal, S.Psi., M.Psi, Psikolog. Terlaksananya kegiatan ini diharapkan sebagai strategi optimalisasi peran remaja dalam mewujudkan pembangunan inklusif.