Pj Bupati Takalar beri Hadiah Juara Lomba Pekarangan Produktif

70

SULSELBERITA.COM. Takalar - Humas (Minggu, 10 September 2023). Penjabat Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad bersama Pj Ketua PKK Takalar Dr. Sri Astuti Thamrin mengunjungi kelompok yang berhasil menjuarai lomba pekarang produktif bulan Agustus yang lalu.

Juara pertama untuk kategori perkelompok yaitu KWT Nikunjungi yang terletak di Desa Banyuanyara, Juara Kedua KWT Seruni di Desa Sawakung, Kecamatan Galesong Selatan, dan KWT Sehati Desa Banggae, Kecamatan Mangarabombang sebagai juara ke tiga.

Untuk kategori perorangan yaitu dimenangkan oleh Nurbaya Daeng Kanang yang terletak di Desa Pa'batangan, kecamatan Mappakasunggu, juara ke 2 Astriani yang terletak di Desa Lantang, Kecamatan Polongbangkeng Selatan dan juara ke 3 adalah Hj. Yangki di desa Towata Kecamatan Polut.

Pemenang lomba masing-masing kategori ini berdasarkan penilaian tim juri yang dengan kriteria penilaian berdasarkan jenis tanaman, jumlah tanaman, penataan pekarangan, tanaman toga, keindahan dan kebersihan pekarangan serta penggunaan pupuk organik.

"Lomba pekarangan produktif ini merupakan program kerja Pokja 3 TP PKK Takalar bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, hortikultura, perkebunan dan Ketahanan Pangan adalah Lomba Pekarangan Produktif dgn 2 kategori yaitu Kelompok Wanita Tani dan Perorangan," Jelas Kadis TPHPKP Abd. Haris.

Pj Bupati didampingi Pj Ketua TP PKK memberikan langsung hadiah bagi para pemenang usai melihat hasil pekarangan produktif di KWT Nikunjungi Desa Banyuanyara.

Dr. Setiawan selaku pembina dan pengarah PKK Takalar berharap dengan kehadiran pekarangan produktif ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi wanita tani lainnya membentuk KWT serta menciptakan pekarangan produktifnya sendiri.

"Ini akan berdampak pada kemandirian pangan jika kita lakukan secara massif, dimulai dari pekarangan masing-masing, dari skala rumah tangga hingga akhirnya mampu menopang kebutuhan dasar seperti sayur," Kata Pj Bupati Takalar.

Pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber gizi keluarga menjadi solusi yang tepat dan berkelanjutan sekaligus menjadi salah satu upaya dalam rangka penanganan stunting di Kabupaten Takalar.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Takalar Dr. Sri Astuti Thamrin mengapresiasi para ibu-ibu yang berhasil memanfaatkan pekarangan. Ia pun berterima kasih kepada Pj Bupati Takalar selaku pembina PKK Takalar atas arahan dan dukungannya sehingga Pokja 3 PKK Takalar dapat berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dalam melaksanakan program kerja.