Atasi Krisis Iklim, Forum Genre Sulsel Bersama BKKBN Sulsel dan 15 organisasi Kepemudaan, Lakukan Aksi Penanaman 500 Pohon Mangrove

33

SULSELBERITA.COM. Makassar, Rabu 16 Agustus 2023. Masih dalam rangkaian peringatan International Youth Day sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, Forum Genre Sulawesi Selatan melakukan Aksi Penanaman Pohon Mangrove di kawasan wisata mangrove Untia, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pokja Pembinaan Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Irmawahyuni Bachtiar S.Sos, Badan Pengurus Harian PP FGI SULSEL, dan 15 organisasi kepemudaan yang ada di Sulawesi Selatan.

Advertisement

Lima belas organisasi yang terlibat diantaranya yakni Earth Hour Makassar, Duta Lingkungan Hidup Sulsel, Duta Pemuda Kota Makassar, Forum Komunikasi Dara Daeng Maros, Duta Remaja Sulsel, Forum Genre Kota Makassar, Forum Genre Kab. Maros, Forum Genre Kab. Takalar, Forum Genre Kab. Gowa, Duta Bahasa Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Generasi Baru Indonesia Sulsel, Teman Jalan Makassar, Duta Wisata Kota Makassar, Formasita, dan Pepelingasih.

Aksi penanaman 500 mangrove bertujuan untuk menjaga bumi dari perubahan iklim. Pohon mangrove memiliki banyak manfaat seperti mencegah intrusi air dan abrasi, menjaga kualitas air, sumber kehidupan, dan yang paling penting ialah mampu menyerap emisi karbondioksida yang meningkat setiap harinya akibat penggunaan transportasi, kegiatan industri dan lain sebagainya yang juga kian meningkat.

Anugrah Sari Ketua Forum Genre Sulsel dalam sambutannya mengatakan "Aksi penanam mangrove ini menjadi langkah awal untuk melindungi bumi dari perubahan iklim yang paling sering kita rasakan yakni suhu bumi yang semakin panas. Sebagai remaja, kita harus terlibat secara bermakna dalam setiap sektor yang ada demi pembangunan yang berkualitas. Saya berterima kasih kepada perwakilan BKKBN Sulsel yang selalu mendukung kegiatan remaja, serta teman-teman organisasi lainnya yang turut berkolaborasi untuk memperingati hari remaja Internasional tahun ini dalam rangka Aksi Penanaman 500 bibit mangrove di kelurahan Untia. Semoga dengan aksi kecil yang kita lakukan bisa membawa dampak untuk masa depan kita semua terutama remaja yang akan datang".

Beberapa partisipan turut menyampaikan pendapatnya terkait aksi penanaman 500 Mangrove ini. Diantaranya dari Duta Genre Kab.Maros yakni Afra dan Ammar turut "Jadi kegiatan hari ini seru banget karena kita berkolaborasi dengan banyak organisasi di Sulawesi Selatan dan juga kegiatan ini sangat bermanfaat karena kita menanam pohon untuk mencegah abrasi dan efek rumah kaca". Andri dari Duta Remaja Sulsel juga menyampaikan pendapatnya "semoga langkah ini menjadikan kita sebagai generasi yang bisa peduli terhadap lingkungan".

Aksi ini merupakan satu kontribusi kecil bagi negeri dan diharapkan dapat menjadi salah satu usaha membantu mengurangi konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer dan berperan dalam mitigasi perubahan iklim.