Masalah Kekerasan Seksual, Semua Harus Sadar

111

SULSELBERITA.COM. Makassar – Forum Genre Provinsi Sulawesi Selatan sebagai wadah remaja dalam mengembangkan dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja bersama perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan turut hadir dalam kegiatan Workshop Nasional UPGRADE Tentang KITA: Bicara Life Skill dan Kekerasan Seksual yang diadakan BKKBN Republik Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari terhitung pada tanggal 13-16 Maret 2023 bertempat di Hotel Aston Imperial Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Fasilitator Tentang KITA atau Pengurus GenRe dan Pengelola Sub-Program Bina Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Se-Indonesia.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Deputi KSPK BKKBN RI, Nopian Andusti, SE., MT yang menyampaikan bahwa peran serta remaja menjadi kunci dalam mengatasi Permasalahan kekerasan seksual yang terjadi serta remaja diperlukan keterampilan hidup lebih dalam menyelesaikan berbagai tantangan hidup saat ini. Lebih lanjut, BKKBN juga hadir hingga ke desa/kelurahan dengan menghadirkan Duta GenRe Tingkat Desa/Kelurahan di seluruh Indonesia, sebagai corong informasi terkait dengan life skill dan kekerasan seksual.

Advertisement

Pada kegiatan ini juga, Ketua GenRe Indonesia, Noer Alif Baslamin, dalam sambutannya juga mengatakan bahwa berbagai macam tantangan yang dihadapi oleh remaja saat ini mengharuskan remaja perlu ditingkatkan. Hadirnya Workshop Nasional ini menjadi penanda bahwa Modul Tentang KITA yang telah diimplementasikan hingga ke PIK Remaja memerlukan peningkatan isu dengan menghadirkan life skill dan kekerasan seksual agar lebih dekat dan menjadi isu yang tidak tabu untuk diperbincangkan mulai dari remaja dengan rentang usia 10 tahun hingga 24 tahun, dimulai dari segmentasi Berani, Beraksi hingga Berkolaborasi.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam laporan ketua panitia yang disampaikan oleh dr. Victor Palimbong selaku Dirketur Bina Ketahanan Remaja memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh BKKBN Perwakilan Provinsi Se-Indonesia atas partisipasinya dalam kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian bersama untuk dapat membicarakan Life Skill dan Kekerasan Seksual. Apresiasi juga disampaikan kepada GenRe Indonesia yang telah menjadi mitra dalam menjalankan program ketahanan remaja dan dapat mengimplementasikan Modul Tentang KITA khususnya terkait Life Skill dan Kekerasan Seksual. Kegiatan ini juga didukung oleh Kimia Farma yang menyampaikan apresiasinya juga untuk dapat bersama-sama dalam kegiatan remaja.

Kegiatan ini juga di Ikuti oleh Forum Genre Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Muhammad Fajhriyadi Hastira selaku Fasilitator Tentang KITA Provinsi Sulawesi Selatan dan Koordinator Bidang Kerjasama Badan Pengurus Harian Forum GenRe Sulawesi Selatan, Arianti selaku Fasilitator Tentang KITA Provinsi Sulawesi Selatan dan Anggota Bidang Komunikasi, Informasi dan Edukasi Badan Pengurus Harian Forum GenRe Sulawesi Selatan, serta Yusitriani, SKM selaku Pengelola Pokja Pembinaan dan Ketahanan Remaja perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan. Kekerasan seksual dan life skill merupakan dua isu yang sedang berkembang dan menjadi perhatian masyarakat luas, tidak terkecuali bagi Remaja yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kelompok masyarakat.