113 KPM Keciprat Bantuan Langsung Tunai Dari Dinsos dan PT. Bank Sulselbar

20
Advertisement

SULSELBERITA.COM. Selayar –¬†Giat penyerahan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) dampak inflasi bagi penyandang disabilitas dan lansia digelar jajaran Dinas Sosial Kabupaten Selayar Sulawesi Selatan, Kamis, (22/12) pagi, di ruang pendopo Dekranasda, ex. rumah jabatan bupati, di ruas jalan Jend. Sudirman Benteng.

Kepala dinas sosial, Satmawati, S. Sos., M. AP menandaskan, kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai bagi penyandang disabilitas dan lansia didasarkan pada ketentuan Peraturan Menteri Keuangan nomor 134/pmk.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi yang diperkuat oleh Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 128/pmk.07/2022 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan nomor 190/pmk.07/2021 tentang pengelolaan dana desa.

Program penyaluran bantuan langsung tunai dilaksanakan dengan mendasari SK Jenderal Pemberdayaan Sosial nomor 158/5/Hk.01/8/2022 dan SK Bupati Kepulauan Selayar nomor 900/98/X/2022 BPKD tentang pengesahan dokumen pelaksanaan perubahan anggaran dinas sosial Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2022.

Baca Juga  Gegara Jual Makanan Dengan Harga Tidak Wajar, Rumah Makan Sari Laut MAS BAGUS Jadi Viral
Advertisement

Hal tersebut diutarakan Satmawati membuka dan mengawali rangkaian sambutan yang disampaikannya di hadapan Wakil Bupati Selayar, H. Saiful Arif, SH bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), dan pimpinan PT. Bank Sulselbar Cabang Selayar beserta segenap jajaran.

Kadis sosial wanita pertama di Kabupaten Selayar ini mengutarakan, kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai dimaksudkan sebagai salah satu bentuk upaya untuk mengurangi resiko sosial akibat menurun serta terpuruknya ekonomi dan kerentanan sosial.

Masyarakat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar minimalnya.

Lebih jauh warga masyarakat juga diharapkan akan lebih dapat menjaga daya beli, melindungi kelompok rentan, dan meningkatkan perekonomian warga.

Kebijakan penyaluran bantuan langsung tunai sendiri direncanakan akan berlangsung mulai tanggal (15/12) sampai dengan tanggal (31/12) oleh lembaga penyalur PT. Bank pembangunan daerah (BPD) Sulselbar.

Baca Juga  Wadduuhhh....APBD 2021 Takalar Terancam Gagal, Ketua¬† Forum Pemuda Berkeadilan Sosial SulSel Bilang Begini

Lanjut, Satmawati menjelaskan, bantuan yang disalurkan adalah bantuan langsung tunai periode bulan Oktober, November, dan Desember dengan besaran bantuan senilai seratus lima puluh ribu perbulan.
Sehingga total bantuan yang diterima sebesar empat ratus lima puluh ribu oleh masing masing keluarga penerima manfaat (KPM) untuk periode tiga bulan.

Adapun total penerima manfaat sebanyak 1113 (seribu seratus tiga belas) KPM dengan nilai kucuran anggaran sebesar lima ratus satu juta rupiah.

Lima belas dari seribu seratus tiga belas orang KPM dikunjungi secara langsung oleh Dinas Sosial bersama tim lembaga penyalur PT. Bank Pembangunan Daerah Sulselbar Cabang Selayar, pungkas Kadis sosial di depan keluarga penerima manfaat yang hadir di ruang pendopo Dekranasda, ex. rumah jabatan bupati. (FS)

BAGIKAN