Gunakan Platform Merdeka Mengajar dan Portal Rumah Belajar, SMPN 6 Moncongloe Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

61

SULSELBERITA.COM. Maros, — Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.

Advertisement

Kegiatan ini dilaksanakan bagi satuan pendidikan yang telah menerapkan kurikulum merdeka dan dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

SMPN 6 Moncongloe, Kab. Maros merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan projek ini dengan memanfaatkan platform digital milik pemerintah yaitu Platform Merdeka Mengajar dan Portal Rumah Belajar.

SMPN 6 Moncongloe telah melaksanakan kegiatan projek ini karena bagian dari implementasi kurikulum merdeka. Koordinator Projek, Muhammad Alimka menyampaikan bahwa “Saat ini tim projek melaksanakan kegiatan projek dan dengan bantuan platform milik pemerintah yaitu Platform Merdeka Mengajar (https://guru.kemdikbud.go.id/) dan Portal Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/ ).

Platform Merdeka Mengajar membantu tim untuk belajar meningkatkan kompetensinya melalui fitur pelatihan mandiri, bukti karya, dan video inspirasi. Sedangkan pada Portal Rumah Belajar membantu tim melalui banyak fiturnya seperti fitur kelas maya sebagai learning management system (LMS) dan fitur sumber belajar sebagai referensi materi yang beragam dalam bentuk video, game, dan audio.

Ahmad AB, selaku Kepala Sekolah sangat mendukung kegiatan projek ini. Menurutnya, salah satu asset yang harus dioptimalkan adalah platform milik pemerintah. Guru wajib menggunakannya karena ini terbukti sangat membantu khusus dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan juga pada kegiatan projek

“Kami sangat terbantu dan semua warga SMPN 6 Moncongloe antusias menggunakan platform ini” Ujar, Muhammad Alimka, selaku Koordinator Projek.