Tim Pengabdian Hibah LPPM UNHAS, Gelar Pelatihan Agroforestry sebagai Pakan Lebah Trigona

37
Advertisement

SULSELBERITA.COM. Makassar – Tim Pengabdian hibah LPPM Universitas Hasanuddin yang di ketuai oleh Sitti Nuraeni dan dua anggotanya yakni Budirman Bachtiar dan Andi Detti Yuniarti yang tergabung dalam satu tim berhasil memperoleh dana hibah LPPM Universitas Hasanuddin 2022.

Judul program yang berhasil lolos pada LPPM Universitas Hasanuddin adalah “Penerapan Pola Agroforestry untuk Penyediaan Pakan Lebah Trigona ”

“Desa Rompegading kami pilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan Pengabdian karena desa ini telah memiliki kelompok tani hutan dalam budidaya lebah Trigona. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan budidaya lebah Trigona di dalam kelompok tani hutan dan dapat memberikan kontribusi dalam pelatihan penyediaan pakan lebah Trigona yang di budidayakan. Dalam peningkatan meliponikultur diharapakan juga masyarakat dapat melihat peluang terkait kondisi sekitar mengenai potensi pakan lebah karena pakan lebah merupakan hal yang paling penting dalam proses budidaya lebah Trigona. Melalui program ini akan membawa masyarakat agar lebih peduli terkait pakan lebah dengan pola penerapan agroforestry ” Ujar Sitti Nuraeni.

Baca Juga  Polres Gowa Lakukan Pemeriksaan Urine Sopir Angkutan Umum, Ada Apa??
Advertisement

Pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 22 Juli 2022 wita secara langsung berbaur dengan kelompok tani hutan peternak lebah Trigona. Program pengabdian ini mendapat sambutan positif dari masyarakat kelompok sasaran. Hal ini disampaikan oleh Jumdan selaku Ketua Kelompok Perhutani Desa Rompegading.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi pengetahuan serta informasi bagi kelompok tani hutan budidaya lebah Trigona dan semoga dapat meningkatkan perkembangan dalam budidaya lebah Trigona yang telah kami lakukan dan terima kasih kepada tim pengabdian yang telah memberikan pelatihan mengenai pola penerapan agroforestry untuk Penyediaan pakan lebah dan terima kasih atas pemberian bibit jagung yang diberikan semoga berkah.

“Dengan demikian, kami berharap apabila mitra telah memiliki keterampilan dalam peningkatan budidaya lebah trigona dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar dan pola penanaman pakan lebah, hal ini menjadi langkah awal peternak untuk mengembangkan budidaya lebah Trigona sehingga akan tercipta peternak Trigona yang mandiri dan peduli lingkungan.

BAGIKAN