LPM Penalaran UNM Gelar Seminar Proposal Penelitian Peserta PMP XXIV

17

SULSELBERITA.COM. Makassar,– Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) mengadakan Seminar Proposal Penelitian Peserta PMP XXIV pada 24 Oktober 2021 di Ruangan HL 203-204 dan Ruangan HN 201-203 FIP UNM. Selama 3 hari, ke-13 tim peneliti diberikan materi mengenai dasar-dasar penelitian dan tata cara pembuatan proposal penelitian. Peserta juga mendapatkan _mentoring_ langsung oleh mentor dan panitia pengarah. Pada hari keempat pelaksanaan PMP, hasil dari pelatihan tersebut menghasilkan 13 proposal penelitian yang kemudian diseminarkan. Seminar proposal ini bertujuan untuk menyeminarkan ide penelitian yang diajukan oleh 13 tim peneliti dengan berbagai tema yang berbeda. 13 tim peneliti tersebut terbagi atas 5 skim penelitian yaitu penelitian skim sains, skim sosial, skim sosial-ekonomi, skim teknologi dan skim pendidikan.

Adapun teknis pelaksanaan dari kegiatan Seminar Proposal ini yaitu setiap tim diberikan waktu untuk mempresentasikan hasil proposal penelitiannya selama 10 menit, yang selanjutnya ditanggapi oleh beberapa penanggap yang kompeten dimasing-masing skim penelitian. Setelah melakukan Seminar Proposal, peserta PMP XXIV akan melakukan Penelitian Lapangan pada 25 Oktober-13 November 2021 kemudian Seminar Hasil pada 14 November 2021.

Terdapat 5 judul penelitian skim pendidikan, diantaranya Pengaruh Metode Diskusi dalam Kelas Terhadap Perkembangan Ilmu Retorika Siswa, Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Operasi Hitung pada Pecahan, Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMKN 1 Makassar Era Pandemi, Efektivitas Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka pada Masa Pandemi di SMAN 9 Gowa, dan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMPN 1 Makassar.

Sementara 3 judul penelitian skim sosial, diantaranya Makna Keterlibatan Kerja Mahasiswa dalam Berorganisasi tanpa Kompensasi, Pengaruh Tingkat Motivasi Mahasiswa Terhadap Keikutsertaan Berorganisasi di Universitas Negeri Makassar, dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi _Vaccine Refusal Covid_-19 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Terdapat pula 2 judul penelitian skim ekonomi, diantaranya Hubungan Minat Berwirausaha dengan _Personal Branding_ Generasi Millenial di Kota Makassar dan Analisis Dampak Covid-19 pada Sosial Ekonomi Pedagang Kaki Lima di Kota Makassar.

Kemudian terdapat 2 judul skim sains, diantaranya Pengaruh Variasi Pengolahan Kulit Kentang (Selanium tuberosum) Terhadap Kadar Zat Besi dan Identifikasi Zona Rawan Bencana Banjir DAS Balease Kabupaten Luwu Utara Berbasis Sistem Informasi Geografi. Terdapat pula 1 judul penelitian skim teknologi yakni Analisis _Usability_ Aplikasi Syam-OK Sebagai _E-learning_ Selama Pandemi Covid-19.

Nur Rahmah selaku Peserta PMP XXIV yang berasal dari Jurusan Biologi sangat bersyukur karena sudah sampai pada tahap Seminar Proposal Penelitian ini dan telah melewati penerimaan materi serta penugasan dengan berbagai revisi yang diberikan.

“Saya harus tetap bertahan dan pantang mundur dalam setiap tahapan perekrutan PMP-OMK XXIV hingga tahap pengukuhan karena inilah yang menjadi impian saya untuk menjadi anggota LPM Penalaran UNM”, ujarnya.

Muh Mahfud selaku Koordinator Panitia Pengarah mengatakan bahwa setelah Seminar Proposal Penelitian ini, peserta mendapat tanggapan berupa kritikan dan saran yang kemudian diperbaiki dan diselesaikan oleh peserta. Selanjutnya melakukan Lenelitian Lapangan hingga Seminar Hasil sehingga hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun pihak terkait.