Bawaslu Kota Kendari, Menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar TA.2021

18

 

SULSELBERITA.COM || Kendari – Demi meningkatkan kualitas dan integritas dari kader pengawas partisipatif, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Tahun 2021 di Kota Kendari. Kegiatan yang berlangsung di Same Hotel Kendari.

Advertisement

Penyelenggaraan Acara Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan, SH., MH dan turut dihadiri oleh Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME, pada hari senin (13/9)

Ketua Bawaslu RI ( depan )

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu RI menjelaskan bahwa kegiatan SKPP ini akan berlangsung selama 3 hari, yakni mulai tanggal 12 hingga 15 September 2021.

SKPP ini diharapkan dapat menghasilkan kader pengawas partisipatif yang memiliki integritas yang baik serta dapat mendorong partisipasi masyarakat agar bersedia datang ke Tempat Pemilihan Umum (TPU) untuk melakukan pemilihan diberbagai daerah, dan turut melakukan pengawasan pada setiap tahapan pada pemilihan tersebut sehingga tercipta pemilihan yang Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber) serta Jujur dan Adil (Jurdil).

“Pemilu adalah wujud demokrasi di Indonesia. Ini adalah hal yang penting, karena dengan adanya SKPP ini maka, kader-kader ini kami harap dapat menjadi simbol simbol pengawas partisipan di masyarakat, dan dapat ikut terlibat bersama-sama masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan pemilu untuk meningkatkan kualitas demokrasi,”, ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari menyampaikan apresiasinya terhadap Bawaslu RI yang telah memberikan kesempatan kepada Kota Kendari untuk menjadi tuan rumah kegiatan SKKP tahun 2021 ini.

Menurutnya, kegiatan ini begitu penting karena pada tahun 2024 mendatang Kota Kendari dan beberapa daerah lainnya akan menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sehingga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal agar dapat tercipta Pemilu dan Pilkada yang baik, karena kader pengawas yang telah mengikuti SKPP ini nantinya akan mengawal dan mengawasi proses penyelenggaraan pemilihan tersebut.

“Selamat melaksanakan sekolah kader bagi para peserta.

Mudah-mudahan melalui SKPP ini teman-teman sekalian mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang paripurna dan nantinya dapat menjadi insan yang dapat menguatkan proses pemilihan di berbagai daerah”, pungkasnya.

( HNR )