Wujudkan Takalar menjadi Kabupaten STBM, ini pesan Ketua Forum Kab. Sehat

19

 

 

Advertisement

SULSELBERITA.COM|| Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Forum Kabupaten Sehat Kab. Takalar Dr. Hj. Irma Andriani S.Pi. M.Si bersama jajarannya terus mengedukasi masyarakat agar tetap berperilaku hidup sehat dalam mewujudkan kabupaten takalar menjadi kabupaten STBM.

Hal itu dijelaskan dalam Bimbingan Teknis Kabupaten/Kota Sehat yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK bekerjasama Dinas Kesehatan Kab. Takalar di Aula Pertemuan Kantor Camat Galesong Kab. Takalar, Kamis 19 Agustus 2021.

Ketua Tim Penggerak PKK dalam materinya menjelaskan bahwa kabupaten santasi total berbasis masyarakat (STBM) merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang berperan aktif.

“Dalam mewujudkan hal itu diperlukan lima pilar STBM seperti tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan yang sehat, pengeloaan sampah dengan benar dan pengelolaan limbah cair dimasyarakat” jelasnya.

Hj. Irma menambahkan bahwa diperlukan kreativitas dalam mengelola sampah rumah tangga dengan memilah sampah basah dan kering dan memanfaatkan sampah kering/plastik menjadi kerajinan dan sampah basah dapat dimafaatkan menjadi kompos.

Beliau berpesan agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam peningkatan pembangunan di Kab. Takalar dan menerapkan pola hidup bersih sehingga tercipta lingkungan aman, nyaman, sehat dan bersih.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kab. Takalar dr. Hj. Rahmawati, S. Kep. PA. M.Kes dalam menyampaikan materinya menyampaikan bahwa kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya apalagi dimasa pandemi covid-19, untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan fit.

“Perilaku dibidang kesehatan lingkungan harus dipraktikkan perilaku mencuci tangan dengan sabun, pengelolaan air minum dan makanan yang memenuhi syarat, menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, pengelolaan limbah cair yang memenuhi syarat, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di dalam ruangan, dan lain-lain,” papar dr. Rahma.

Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Galesong, para Pokja Desa dan anggota Forum Kab. Sehat Kec. Galesong turut hadir dalam kegiatan tersebut.