Opini: 7 Latihan Praktis untuk Mencegah Sakit Leher dan Punggung

15

SULSELBERITA.COM. Jakarta – Gerakan tubuh sejenak dapat memacu semangat menghadapi hari-hari yang sibuk. Rileksasi perlu dilakukan guna mengurangi ketegangan ketika berhadapan dengan tumpukan kerja atau ketika Anda sibuk belajar.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan kebiasaan buruk lainnya dapat berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Meskipun kondisi muskuloskeletal seperti nyeri punggung dan leher dapat berkembang tanpa sebab, pilihan gaya hidup yang buruk dan ketidakaktifan dapat meningkatkan risiko Anda secara signifikan.

Peneliti telah mengungkapkan bahwa duduk dalam jangka waktu lama bisa menjadi penyebab utama sakit punggung. Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada leher, punggung, lengan, kaki, menambah tekanan yang sangat besar pada otot punggung dan tulang belakang.

Karenanya, banyak orang yang memiliki pekerjaan meja yang mengharuskan duduk sepanjang hari menderita sakit punggung – alasan paling umum orang melewatkan hari di tempat kerja atau menemui dokter.

Baca Juga  Selamat Tinggal Putih Abu-Abu

Mungkin, masa-masa sulit yang mengarah ke pekerjaan dari rumah dan ketidakaktifan fisik telah menimbulkan masalah yang berkaitan dengan ergonomi tempat kerja seperti kekakuan otot, nyeri punggung dan leher kronis, dll.

Namun, apa pun penyebabnya, memperbaiki postur tubuh dan menambahkan beberapa peregangan dan latihan penguatan untuk gaya hidup Anda bisa sangat bermanfaat.

Berikut adalah beberapa latihan yang direkomendasikan oleh Dr Thirumalesh K Reddy, Konsultan Senior dan Pimpinan – Penggantian Sendi dan Bedah Arthroscopic, Aster CMI, Bangalore, untuk membantu meringankan atau menghindari sakit punggung, sakit leher dan banyak lagi:

Putar kepala Anda

Putar kepala Anda ke kiri dan biarkan di sana selama 2 detik. Kemudian putar kepala Anda ke kanan dan biarkan di sana selama 2 detik. Ulangi ini untuk beberapa kali.

Baca Juga  Pemerintah Kabupaten Bantaeng di Nilai Tidak Peka Dalam Menanggapi Musibah Rakyat

Miringkan kepala

Miringkan kepala ke bahu kanan secara perlahan untuk meregangkan otot di sisi kiri leher dengan lembut. Tahan posisi ini selama 5 detik, lalu miringkan kepala ke sisi kiri untuk meregangkan sisi lainnya. Lakukan ini dua kali untuk setiap sisi.

Mulailah dengan lengan ditekuk

Mulailah dengan dengan ditekuk, tangan di dekat area dada, dan dorong siku ke belakang. Tahan selama 5 detik, lalu rileks. Ulangi beberapa kali. Anda juga bisa mengangkat lengan dengan cara yang sama, kali ini dekat ke bahu, untuk melatih punggung atas.

Gulung bahu perlahan

Gulung bahu perlahan dengan cara melingkar dan butuh waktu sekitar 5 detik untuk menyelesaikan satu lingkaran. Ulangi beberapa kali.

Bahu dan lengan

Pertahankan satu lengan terentang horizontal di depan dada Anda. Dorong lengan ini dengan lengan lainnya ke arah Anda sampai bahu Anda terasa sedikit tegang. Tahan posisi ini sebentar.

Baca Juga  Opini: Ironi Infrastruktur dan Sulitnya Menekan Laju Elektabilitas Surunuddin Dangga, Sang Bupati Petahana di Bumi Andoolo

Pergelangan tangan

Pegang tangan Anda di depan Anda. Angkat dan turunkan tangan secara perlahan untuk meregangkan otot di lengan bawah.

Fingers

Kepalkan tangan. Tunggu sebentar. Kemudian rentangkan jari-jari Anda sejauh mungkin. Tahan selama 5 detik, lalu rileks.

(Hila)

Advertisement
BAGIKAN