Cinta Indonesia ?, Kita Harus Mandiri

183

SULSELBERITA.COM. SURABAYA - Pegawai Mandiri Group di berbagai wilayah Indonesia serentak membagikan bantuan sembako dan makanan siap saji kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Bantuan tersebut bagian dari penyisihan gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) secara sukarela oleh pegawai.

Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar mengatakan, gerakan Mandirian Cinta Indonesia, sebagai bentuk kepedulian pegawai untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi situasi sulit karena pandemi Covid-19.

Advertisement

Mandirian Cinta Indonesia dilakukan Bank Mandiri beserta grup usaha yang tergabung dalam Mandiri Group, yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank Mantap, Axa Mandiri Financial Services, Mandiri Inhealth, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Utama Finance, Mandiri Sekuritas, Mandiri Capital Indonesia, Mitra Transaksi Indonesia, serta Mandiri Manajemen Investasi.

“Gerakan ini merupakan salah satu ungkapan syukur kami, karena masih menerima rezeki untuk menjalani Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Sekaligus sebagai bentuk empati kami terhadap lingkungan, karena banyak masyarakat yang mengalami kesulitan karena terimbas pandemi Covid-19.

Mudah-mudahan pemberian yang sedikit dari Mandirian ini dapat membantu meringankan beban mereka,” kata Royke dalam rilisnya. Minggu, (10/5/2020).

Sebelumnya, pegawai juga telah menyisihkan gaji bulanannya untuk membantu masyarakat yang terdampak melalui aplikasi LinkAja. Adapun penerima bantuan dari gerakan Mandirian Cinta Indonesia tersebut adalah kelompok masyarakat yang kehilangan pendapatan dan yang pendapatannya menurun drastis.

Kelompok masyarakat tersebut antara lain tukang parkir, pedagang kaki lima, tenaga harian lepas, pemulung, buruh serabutan, tuna wisma, buruh cuci, pedagang asongan dan pengangkut sampah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Pada situasi seperti saat ini, diperlukan dukungan seluruh komponen bangsa, mudah-mudahan kondisi dapat kembali normal sehingga perekonomian nasional juga dapat membaik,” ujar Royke.

Total THR Direksi dan Komisaris Bank Mandiri serta Perusahaan Anak yang terkonsolidasi sebesar Rp13,7 miliar dan sumbangan sukarela yang disisihkan dari gaji pegawai dan Direksi mencapai Rp3,3 miliar, sehingga keseluruhan donasi kemanusiaan yang disalurkan Mandiri Group sebesar Rp17 miliyar.

Dari jumlah tersebut, penyaluran yang dilakukan melalui program Mandirian Cinta Indonesia sebesar Rp10 miliar, yang diberikan dalam bentuk bantuan langsung dan melalui aplikasi LinkAja kepada 2500 penerima.

Menurut Regional CEO Bank Mandiri Wilayah Jawa Timur, I Gede Raka Arimbawa mengatakan, untuk wilayah Jawa Timur telah menyalurkan bantuan kepada 1600 penerima bantuan dengan nilai Rp 193 juta.

Diberikan dalam bentuk bantuan paket sembako dan uang tunai ke beberapa wilayah, antara lain wilayah Surabaya, Banyuwangi, Probolinggo, Jember, Lumajang, Situbondo, Kediri dan Madiun.

“Sedangkan bantuan langsung melalui aplikasi Link Aja telah disalurkan kepada 150 penerima. Sehingga total sudah terdapat 1750 penerima bantuan,” beber Raka.

Selebihnya, disalurkan melalui program-program Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Covid-19 yang diselenggarakan oleh masing-masing Perusahaan Anak Mandiri Group. (ari)

Foto : Gerakan Mandirian Cinta Indonesia bagikan sembako pada warga terdampak Covid-19