BPK Akan Garap Sulsel Selama 21 Hari

345

SULSELBERITA.COM. Makassar, (Humas Sulsel) - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menggelar entry meeting bersama Kakanwil Kemenag Sulsel dan Jajaran Pejabat Eselon 3 dan 4 serta para pengelola di Aula Lantai II Kanwil, Senin, 3 Pebruari 2020.

Pertemuan yang digelar sekira pukul 16.00 WIT ini dipandu langsung oleh Kakanwil H.Anwar Abubakar, dimana dalam prolognya ia meminta kepada para pejabat eselon 3 dan 4 serta pengelola agar bisa koordinatif dan berperan aktif dalam kegiatan audit nantinya.

Guna mendapatkan gambaran umum sekaligus pemaparan tentang hal apa saja yang akan "dipotret" dan akan dilihat langsung oleh tim BPK, maka Kakanwil mepersilahkan Ketua Sub Tim BPK untuk menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya.

Advertisement

"Kami akan berada di Sulsel selama 21 hari dan 19 hari di Sumatra Barat. Pemeriksaan LK Kemenag ini adalah pemeriksaan reguler setiap tahun dengan tujuan memberikan opini atas Laporan Keuangan Kementerian Agama", ujar Denier, Ketua Sub Tim BPK mengawali arahannya

Baca Juga  Aliansi Mahasiswa Makassar Anti Rasis Gelar Unjuk Rasa Didepan Kantor Gubernur dan Polda Sulsel, ini Tujuannya

Lebih lanjut ibu paruh baya ini menyampaikan 4 hal yang menjadi pertimbangan dalam pemeriksaan Laporan Keuangan (LK) Kementerian Agama, Yakni :
1. Kesesuaian penyajian dengan standar akuntansi pemerintah.
2. Kecukupan pengungkapan sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan dalam akuntansi pemerintah.
3. Kepatuhan terhadap perundang-undangan
4. Sistem penilaian internal

Seperti halnya dengan arahan Kakanwil, Denier juga meminta kepada pimpinan 8 tempat yang dijadikan sampel agar lebih kooperatif dan koordinatif sehingga pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar.

"Sebagian memang telah menigirimkan datanya melalui e mail, namun itu belum lengkap. Kami mohon kerjasamanya agar bisa mengirim soft copy untuk kami pelajari terlabih dahulu dan jangan lupa siapkan hard copy nya sehingga ketika kami tiba ditempat anda kami langsung bisa bekerja", terang Denier

Baca Juga  Korban Kecewa, Kapolsek Pancur Batu Bersama Kanit Reskrim Dinilai Gagal Tangani Kasus Kriminal

Di akhir arahannya, Kasub Tim BPK ini meminta kepada pengelola untuk tidak meninggalkan tempat selama pemeriksaan berlangsung dan bersedia untuk dikonfirmasi, serta bilamana terdapat pengadaan yang melibatkan pihak ketiga agar juga bersedia dihadirkan bila diperlukan.

Sesuai dengan jadwal yang dikirim oleh tim BPK sebelum bertolak ke Makassar, Denier bersama 3 anggota tim lainnya, yaitu Dimas H. S, Hanang S dan Aditya B. S. Akan melakukan audit di Asrama Haji Sudiang Makassar, IAIN Palopo, Kemenag Kab.Gowa, Kemenag Kota Makassar, UIN Alaudin Makassar, IAIN Parepare dan MAN 3 Makassar serta terakhir di Kanwil Kemenag Sulsel. (AB)

Dilaporkan Oleh : A.Bali, S.Sos
Analis Humas dan Protokoler Kanwil Kemenag Sulsel

Advertisement
BAGIKAN